Inilah Tips Mempersiapkan Finansial Menghadapi Bencana Alam
Gaya Hidup

Tinggal di Daerah Rawan? Inilah 3 Tips Mempersiapkan Finansial untuk Hadapi Bencana Alam

  • Simak tips mempersiapkan finansial untuk menghadapi bencana alam.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada rangkaian Ring of Fire atau Cincin Api. 

Hal tersebut dapat membuat Indonesia rawan terkena bencana alam, seperti gempa bumi dan gunung meletus.

Oleh karena itu, ada baiknya jika warga Indonesia selalu waspada dan berjaga-jaga ketika bencana alam tersebut terjadi. Hal yang dapat dilakukan selain menyiapkan keperluan darurat seperti obat, air minum, dan sebagainya, Anda juga dapat menyiapkan keuangan saat keadaan darurat akibat bencana alam.

Bencana alam terkadang membuat seseorang perlu melakukan perbaikan rumah yang mahal, harus mengungsi, atau bahkan kehilangan pekerjaan. Lalu, bagaimana cara mempersiapkan finansial untuk berjaga-jaga dari bencana alam?

Cara terbaik untuk bersiap menghadapi keadaan darurat adalah dengan menerapkan beberapa tips keuangan seperti berikut ini.

Bangun Dana Darurat

Saat bersiap untuk menghadapi bencana alam, Anda perlu menyisihkan uang yang dapat digunakan ketika keadaan darurat. Anda juga dapat menyisihkan uang tunai setiap bulan sebagai dana darurat Anda. 

Uang tunai sangat penting karena ketika bencana alam, pada umumnya listrik akan mati sehingga Anda kesulitan untuk menarik uang di ATM atau melakukan transaksi lewat mobile banking karena keterbatasan daya pada ponsel Anda.

Selain menghemat uang untuk pengeluaran inti, Anda juga mungkin dapat menyisihkan uang untuk membeli persediaan perlengkapan darurat, seperti baterai, senter, air, dan sebagainya. 

Pastikan Asuransi Anda

Anda perlu mengetahui apakah Anda diasuransikan dengan benar, seperti asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, dan sebagainya. Perhatikan apakah asuransi yang Anda gunakan dapat mengcover kerugian yang Anda alami akibat bencana alam.

Anda juga perlu memotret barang yang Anda asuransikan seperti mobil dan rumah untuk menghadapi bencana alam. Dengan cara ini, Anda tetap memiliki referensi atau bukti jika Anda mengalami kehilangan atau kerusakan akibat bencana alam dan membutuhkan perbaikan. Jangan lupa untuk mencadangkan file atau foto tersebut ke cloud dan pastikan dokumen penting Anda selalu Anda bawa dan tidak boleh rusak.

Siapkan Perlengkapan Darurat

Ketika harus mengungsi dari rumah, Anda tentu harus memiliki persiapan untuk bertahan hidup seperti persediaan makanan dan air untuk beberapa hari, senter, peluit, baterai ekstra, obat, dan sebagainya. 

Anda juga perlu untuk menambahkan buku cek, persediaan uang tunai di rumah, dan kartu kredit ke dalam persiapan untuk bertahan hidup tersebut. Untuk menyimpan dokumen penting, ada baiknya jika Anda menggunakan kotak tahan api dan kedap air seperti brankas di bank.