<p>Kegiatan Ekspor dan Impor/ Sumber: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai</p>
Industri

Tingkatkan Hubungan Dagang, Indonesia-Mesir Tandatangani MOU Kendaraan Roda Empat Senilai Rp285 Miliar

  • Pelaku usaha Indonesia dan mitra dagang asal Mesir telah meneken kerja sama dagang untuk komoditas ban kendaraan roda empat sebesar USD 20 Juta.
Industri
Yudha Hariyanto

Yudha Hariyanto

Author

JAKARTA – Pelaku usaha Indonesia dan mitra dagang asal Mesir telah meneken kerja sama dagang untuk komoditas ban kendaraan roda empat sebesar US$ 20 Juta atau sekitar Rp285 miliar (asumsi kurs Rp14.200 per USD). Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilaksanakan secara daring pada Senin, 1 November 2021.

Penandatanganan (MoU) ini difasilitasi oleh Kementerian Perdagangan di sela gelaran Trade Expo Indonesia Digital Edition (TEI-DE) 2021 dan disaksikan langsung secara daring oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi dan Duta Besar Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf.

Didi berharap kerja sama antara Pelaku usaha Indonesia dengan Mesir untuk terus berkembang di tengah ekonomi global yang tidak pasti akibat dari pandemi COVID-19.

Didi juga mengapresiasi para pemimpin bisnis dan pengusaha Indonesia yang terus berusaha untuk meningkatkan kerja sama dagang agar hubungan dagang Indonesia dan Mesir terus berjalan dengan baik.

“Penandatanganan MoU  antara  pelaku  usaha  Indonesia  dan  Mesir  penting  dilakukan  untuk meningkatkan   kerja   sama   perdagangan   kedua   negara.   Saya   ucapkan   terima   kasih   kepada perwakilan  perdagangan  Indonesia  di  Mesir  atas  dukungannya  untuk memfasilitasi  bisnis  antara Indonesia dan Mesir,” ujar Didi dalam keterangan resmi dilihat pada Selasa, 2 November 2021.

Dubes RI untuk Mesir Lutfi Rauf mengatakan bahwa kegiatan TEI-DE 2021 merupakan  momen berharga bagi para pelaku usaha Indonesia dan Mesir untuk terus menjalin kerja sama bagi kedua belah pihak.

“Momen  ini  juga  membuktikan  bahwa  pelaku  usaha Indonesia dan Mesir berhasil menunjukkan kerja sama perdagangan yang baik di tengah pandemi Covid-19.  Pemerintahan  Indonesia  dan  Mesir  diharapkan  dapat  membuat  lingkungan  bisnis  yang kondusif yang saling menguntungkan,” jelas Dubes Lutfi.

Total nilai transaksi dagang pada TEI-DE 2021 minggu kedua ini, tercatat sebesar USD 978,05 Juta. Didi berharap total nilai transaksi dagang ini akan terus bertambah serta pelaku usaha Mesir dapat melihat potensi lebih di setiap produk ekspor Indonesia di www.tradexpoindonesia.com.

Neraca perdagangan Indonesia - Mesir periode Januari – Agustus 2021 mengalami surplus sebesar USD 2,01 miliar yang dihasilkan dari ekspor Indonesia ke Mesir sebesar USD 7,68 miliar dan impor Indonesia dari Mesir sebesar USD 5,67 miliar.