<p>Karyawan melayani pelanggan di gerai GraPARI Telkomsel yang berada di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin, 19 April 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Korporasi

Telkomsel Angkat Ketua Satgas BAKTI Jadi Komisaris

  • Selain menunjuk Nugroho sebagai Direktur Utama, Telkomsel juga menetapkan Sarwoto Atmosutarno sebagai Komisaris, menggantikan Nanang Pamuji Mugasejati
Korporasi
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - Anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), yaitu PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), secara resmi menunjuk Nugroho sebagai Direktur Utama, menggantikan Hendri Mulya Syam. 

Selain itu, Telkomsel juga menetapkan Sarwoto Atmosutarno sebagai Komisaris, menggantikan Nanang Pamuji Mugasejati, dan mengangkat Indra Mardiatna sebagai Direktur Network, menggantikan Nugroho yang sebelumnya menduduki posisi tersebut.

SVP Corporate Communication & Investor Relations Telkom Ahmad Reza menyatakan bahwa keputusan itu telah disetujui oleh Telkom dan Singapore Telecommunications Ltd (SingTel) sebagai pemegang saham Telkomsel berlaku efektif sejak 1 Desember 2023 untuk pengangkatan Komisaris dan 8 Desember 2023 untuk pengangkatan Direksi.

“Selaku induk dan pemegang saham mayoritas, Telkom meyakini perubahan pengurus Telkomsel ini merupakan langkah positif untuk memperkuat langkah transformasi dan kinerja perusahaan khususnya terkait Fixed Mobile Convergence. Ini akan menjadi awal yang baik bagi Telkomsel untuk menyambut tahun 2024,” ujar Reza sapaan akrabnya melalui keterangan resmi pada Jumat, 08 Desember 2023. 

Reza mengatakan saat ini, Telkomsel sedang mengalami transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital. Pada bulan Juli 2023, perusahaan telah meluncurkan inisiatif Fixed Mobile Convergence dengan mengintegrasikan layanan IndiHome ke dalam layanan Telkomsel. 

Dengan lebih dari 158,3 juta pelanggan yang dilayani, kata dia, Telkomsel telah menyediakan konektivitas untuk seluruh masyarakat Indonesia, termasuk wilayah-wilayah terpencil, dengan dukungan lebih dari 233.000 BTS. Infrastruktur ini didukung oleh teknologi jaringan broadband terbaru, yakni 4G dan 5G.

“Semoga dengan langkah ini, kami yakin transformasi Telkomsel bisa berjalan lancar serta memberikan value yang optimal bagi perusahaan dan seluruh stakeholder,” tambah Reza.

Profil Nugroho

Sebelum ditunjuk menjadi Direktur Utama Telkomsel pada 8 Desember 2023, Nugroho yang akrab disapa Nugi pernah menjabat sebagai Direktur Network Telkomsel selama periode (2021-2023).

Nugi juga pernah memegang beberapa posisi strategis di Telkomsel seperti Senior Vice President Business IT Delivery Telkomsel (2019-2021), Vice President IT Customer Care and Charging Group Telkomsel (2017- 2019), dan Vice President IT Customer Care and Billing Solution and Management Group Telkomsel (2014-2017).

Asala tahu saja, Nugi mengenyam pendidikan jurusan Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung, dan kemudian mendapatkan gelar Master pada jurusan Information System Development di Universitas Hertfordshire, Inggris.

Profil Sarwoto

Sebelum ditunjuk sebagai Komisaris Telkomsel pada 1 Desember 2023. Sarwoto Atmosutarno pernah menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) periode 2021 – 2024. 

Pria yang karib disapa Sarwoto itu merupakan peraih gelar Master Business Engineer bidang telekomunikasi dari École Nationale Supérieure Des Télécommunications de Bretagne (Télécom Bretagne), Prancis.

Selama kariernya Sarwoto pernah menjabat di sejumlah posisi strategis di Industri Telekomunikasi, antara lain Kepala Divisi Infrastruktur Telkom Indonesia (2004-2009), Direktur Utama Telkomsel (2009-2012), Ketua Umum Asosiasi Kliring Trafik Telekomunikasi (ASKITEL) (2004-2009). 

Selain itu, Sarwoto juga pernah menjadi Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Selular Indonesia (ATSI) (2009-2012). Sarwoto juga tercatat sebagai Ketua Komite Tetap Bidang Infrastruktur Telekomunikasi di Kadin Indonesia, Staf Khusus Menkominfo, dan Ketua Satgas BAKTI.

Dengan demikian, susunan Komisaris Telkomsel saat ini adalah sebagai berikut:

  • Komisaris Utama: Wishnutama Kusubandio
  • Komisaris: Heri Supriadi
  • Komisaris: Yose Rizal
  • Komisaris: Sarwoto Atmosutarno
  • Komisaris: Yuen Kuan Moon
  • Komisaris: Anna Yip

Sedangkan, susunan Direksi Telkomsel saat ini adalah sebagai berikut:

  • Direktur Utama: Nugroho
  • Direktur Finance and Risk Management: Mohamad Ramzy
  • Direktur Sales: Adiwinahyu Basuki Sigit
  • Direktur Network: Indra Mardiatna
  • Direktur Planning & Transformation: Wong Soon Nam
  • Direktur Information Technology: Bharat Alva
  • Direktur Marketing: Derrick Heng
  • Direktur Human Capital Management: R. Muharam Perbawamukti