Ilustrasi Layanan IPTV di Hotel
Properti

Tingkatkan Kualitas Layanan Hospitality dengan Fitur IPTV

  • Kebutuhan IPTV di industri hotel saat ini penting digunakan sebagai fasilitas.
Properti
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA—Fitur layanan IPTV (Internet Protocol Television) dianggap mampu meningkatkan nilai tambah berupa pengalaman yang lebih baik bagi tamu hotel atau pengunjung fasilitas perhotelan. 

Ketua PHRI Indonesia Hariyadi Sukamdani mengatakan, sangat penting bagi hotel untuk memilih penyedia IPTV. Pasalnya, IPTV digunakan sebagai fasilitas yang  menyesuaikan fitur-fitur dengan kebutuhan dan brand mereka. 

“Kalau dulu memang TV kabel, tapi sekarang sudah tidak trennya memang IPTV yang berbasis internet,” katanya. 

Ia menambahkan, kebutuhan IPTV di industri hotel saat ini penting digunakan sebagai fasilitas. Terlebih, saat ini IPTV digunakan sebagai fasilitas yang  menyesuaikan fitur-fitur dengan kebutuhan pelanggan. 

Hariyadi menyebut, dalam memilih IPTV, pelaku usaha harus jeli. Pasalnya, saat ini banyak tersedia pilihan provider IPTV. Sayangnya, tak semua penyedia layanan tersebut bagus. Ia menilai, bagus tidaknya provider IPTV dilihat dari seberapa cepat respons mereka. 

“Ada beberapa yang memang tidak bagus di servicenya. Mereka tidak dipakai dan tidak laku. Bagus tidaknya servis dinilai dari seberapa cepat mereka respon,” katanya. 

Perlu diketahui, ketersediaan IPTV sebagai fasilitas hotel  dapat meningkatkan kualitas layanan hospitality. Selain itu, layanan ini juga memberikan pengalaman yang lebih baik kepada tamu, dan memperkuat kepuasan tamu yang pada akhirnya dapat berdampak positif pada reputasi dan keberhasilan bisnis hotel.

Chief Enterprise Business Officer PT Link Net Tbk Agung Satya Wiguna mengatakan ada beberapa layanan untuk sektor hospitality. Antara lain, IPTV, pesan layanan, komunikasi internal, penyediaan beragam informasi hingga layanan kedaruratan. 

Dia menjelaskan, IPTV memungkinkan tamu hotel untuk mengakses berbagai konten hiburan interaktif secara mudah dan langsung di dalam kamar mereka. Mereka dapat menonton film, acara TV, atau mendengarkan musik sesuai preferensi mereka.

Fitur seperti VOD (Video on Demand) memungkinkan tamu untuk memilih konten yang mereka inginkan dan menontonnya kapanpun mereka mau, memberikan fleksibilitas dan kenyamanan.

IPTV  juga dapat digunakan untuk menyampaikan pemberitahuan penting atau informasi darurat kepada tamu hotel. Dalam situasi darurat, hotel dapat memberikan instruksi evakuasi atau informasi penting lainnya melalui layar IPTV di kamar tamu. 

“Ini membantu meningkatkan keselamatan tamu dan memungkinkan respons yang lebih cepat dalam situasi yang tidak terduga,” jelas Agung.

Menurutnya, IPTV berguna untuk mengumpulkan data preferensi tamu, seperti pilihan hiburan, makanan, atau minuman yang mereka sukai. Dengan data ini, hotel dapat menyajikan konten dan penawaran yang lebih personal dan sesuai dengan preferensi tamu. Ini meningkatkan pengalaman tamu dengan memberikan layanan yang lebih disesuaikan dan relevan.