Nasional

Tinjau Pelabuhan Muara Angke, Menhub Sebut Ada 23 Kapal Layak Jalan

  • Hasil dari peninjauan Pelabuhan Muara Angke oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ditemukan sebanyak 23 kapal yang memenuhi syarat keselamatan dan dapat beroperasi.
Nasional
Muhammad Heriyanto

Muhammad Heriyanto

Author

JAKARTA - Peninjauan Pelabuhan Muara Angke di Jakarta Utara dilakukan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada hari kedua lebaran ini, Selasa, 3 April 2022. Hasil dari peninjauan Pelabuhan Muara Angke ditemukan sebanyak 23 kapal dinyatakan memenuhi syarat keselamatan dan dapat beroperasi.

“Dari 31 kapal, sebanyak 23 kapal di Muara Angke dinyatakan memenuhi syarat keselamatan dan dapat beroperasi,” jelas Menhub dalam keterangan resminya, dikutip Selasa, 3 Mei 2022.

Menhub mengimbau para pemilik kapal untuk melengkapi syarat-syarat perjalanan dan Surat Perintah Berlayar atau SPB. Pihaknya mengingatkan sejumlah hal terkait keselamatan yakni jangan sampai terdapat kapal kelebihan muatan yang dapat membahayakan keselamatan, membatasi kecepatan sesuai aturan dan selalu memperhatikan kondisi cuaca.

Menhub juga memberikan apresiasi terhadap pelayanan yang ada di Pelabuhan Muara Angke yang telah menerapkan protokol kesehatan serta menyediakan gerai vaksinasi bagi penumpang yang belum divaksin.

“Saya minta petugas dapat melayani masyarakat dengan sopan, ramah, namun tetap tegas. Karena saudara-saudara kita itu akan berwisata, tetapi kita jaga agar tetap berkeselamatan. Mudik aman dan mudik sehat harus dilaksanakan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muara Angke Dimyati menyebut pada musim mudik ini, terdapat kenaikan jumlah penumpang sebesar 300 % dibandingkan hari biasanya.