Ilustrasi orang menggunakan paylater.
Fintech

Tipe Orang yang Tidak Cocok Menggunakan Paylater

  • Hampir semua orang tahu sistem pembayaran yang satu ini. Paylater adalah metode pembayaran yang ditunda, yang memungkinkan kita membeli barang tanpa membayar secara langsung. Dilansir dari Kemenkeu, sebagai gantinya, kita akan melakukan pembayaran setiap bulan beserta bunga yang berlaku.

Fintech

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Hampir semua orang tahu sistem pembayaran yang satu ini. Paylater adalah metode pembayaran yang ditunda, yang memungkinkan kita membeli barang tanpa membayar secara langsung. Dilansir dari Kemenkeu, sebagai gantinya, kita akan melakukan pembayaran setiap bulan beserta bunga yang berlaku.

Jumlah pengguna paylater di Indonesia terus meningkat setiap tahun. Kemudahan penggunaannya, bersama dengan meningkatnya kebutuhan dan tuntutan gaya hidup, mendorong banyak orang untuk memilih paylater sebagai solusi untuk memenuhi keinginan.

OJK mencatat, jumlah kontrak pembiayaan paylater di Indonesia mencapai 79,92 juta pada tahun 2023. Angka ini menunjukkan peningkatan pesat dibandingkan tahun 2019, di mana hanya tercatat 4,63 juta kontrak pembayaran paylater.

Menurut OJK, rata-rata pertumbuhan tahunan mencapai 144,35%. Nilai ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan terhadap penggunaan sistem ini.

Per Maret 2024, outstanding piutang pembiayaan paylater di Indonesia mencapai Rp6,13 triliun, naik 23,9% secara tahunan. Masifnya nilai ini mencerminkan tingginya minat masyarakat terhadap sistem ini.

Maka dari itu, terkai dengan hal tersebut sebagai pengguna yang bijak, Anda perlu memahami apakah penggunaan sistem ini sesuai untuk Anda atau tidak. Berikut tipe orang yang cocok dan tidak cocok menggunakan paylater dalam kehidupan sehari-hari.

Tipe Orang yang Cocok Menggunakan Paylater

1. Butuh Dana Mendadak

Kemudahan yang ditawarkan oleh paylater sangat bermanfaat bagi Anda yang sering memerlukan dana secara mendadak.

Tidak semua pengeluaran dapat diprediksi dan disiapkam budgetnya. Jika Anda termasuk orang seperti ini, fitur bayar nanti sangat cocok untuk Anda. Anda bisa memenuhi kebutuhan kapan saja tanpa khawatir tentang sumber dana, karena perusahaan keuangan yang Anda gunakan akan membayarnya terlebih dahulu, dan Anda hanya perlu mencicil sesuai dengan fitur yang dipilih.

Dengan paylater, Anda dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan transaksi, termasuk transaksi yang mendesak seperti pembelian tiket (kereta, bus, pesawat), dan yang lainnya.

2. Pemburu Promo

Bagi Anda yang gemar mencari promo, paylater bisa menjadi pilihan yang tepat, karena platform ini sering menawarkan berbagai promo menarik. Berbelanja menggunakan promo selalu menyenangkan dan memberikan banyak manfaat. Anda bisa lebih berhemat karena adanya potongan harga, serta berkesempatan mendapatkan cashback sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Beberapa platform juga menyediakan kupon yang bisa Anda tukarkan dengan produk tertentu. Bagi Anda yang gemar berburu promo, fitur bayar nanti dari perusahaan keuangan terpercaya dapat dimanfaatkan dengan baik. Namun, selalu ingat untuk menggunakannya hanya sesuai dengan kebutuhan.

3. Orang Dengan Mobilitas Tinggi

Jika Anda orang dengan mobilitas tinggi karena harus mengurus pekerjaan atau keperluan di berbagai tempat, fasilitas transaksi bayar nanti sangat cocok untuk Anda. Layanan ini memudahkan dalam memenuhi berbagai kebutuhan selama perjalanan, sehingga meski tidak membawa uang yang cukup, Anda tetap dapat memenuhi semua keperluan tanpa khawatir.

Tipe yang Tidak Cocok Menggunakan Paylater

1. Tidak Memiliki Penghasilan Tetap

Paylater pada dasarnya mirip dengan pinjaman yang harus dilunasi dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki penghasilan tetap agar dapat membayar tagihan paylater tepat waktu sesuai kesepakatan.

Jika Anda belum memiliki penghasilan tetap, hindari menggunakan fasilitas belanja sekarang bayar nanti, karena Anda bisa kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran. Dalam situasi ini, lebih baik menunda pembelian barang-barang yang tidak penting agar kondisi keuangan Anda tetap stabil dan tidak memburuk.

2. Liburan Tanpa Uang

Paylater bisa digunakan untuk membeli berbagai keperluan, termasuk tiket liburan.  Bagi Anda yang suka berlibur tapi tidak memiliki cukup uang, sebaiknya hindari menggunakan fasilitas bayar nanti dari perusahaan keuangan. Kemudahan dalam pengajuan yang ditawarkan oleh penyelenggara bisa membua Anda terjebak, risiko gagal bayar bisa muncul dan berpotensi memiliki utang yang besar.

3. Kondisi Keuangan Belum Stabil

Jika kondisi keuangan Anda belum stabil atau belum memiliki penghasilan tetap, sebaiknya hindari menggunakan paylater. Penggunaan paylater dapat berujung pada utang yang harus dilunasi sesuai dengan kesepakatan.

Itulah pembahaan terkait tipe orang yang cocok dan tidak cocok menggunakan paylater. Memang, ini sangat memberi kemudahan. Tapi ingat, perhatikan penggunaannya agar tidak menjadi beban utang di masa depan.