Gaya Hidup

Tips Ajak Bayi Bersilaturahmi saat Idulfitri

  • berikut tips membawa bayi saat bersilaturahmi.
Gaya Hidup
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA – Momen idulfitri biasa dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk berkunjung ke rumah saudara. Namun, bagi Anda yang memiliki bayi tentu memiliki kekhawatiran sendiri saat mengajak sang buah hati bersilaturahmi. Banyaknya orang membuat Anda sangat was-was akan bahaya yang mungkin terjadi.

Tidak menutup kemungkinan bayi Anda terpapar kuman atau virus yang ada. Belum lagi ada kemungkinan bayi Anda rewel saat bertemu banyak orang. Hal ini pasti membuat Anda cemas kan. Oleh karena itu, seperti Trenasia.com rangkum dari beberapa sumber, berikut tips membawa bayi saat bersilaturahmi.

1. Tentukan waktu dan durasi berkunjung

Bagi Anda yang memiliki bayi, sebaiknya hindari mengajak si kecil bepergian dari pagi hingga malam hari. Hal itu bisa membuat sang buah hati menjadi kelelahan. Selain itu, tentukan batas waktu berkunjung di setiap rumah. Bila sang anak sudah mulai rewel, sebaiknya untuk segera pulang supaya si kecil bisa beristirahat di rumah.

2. Atur sesuai jadwal sehari-hari

Sebaiknya Anda pahami jadwal sehari-hari bayi, seperti kapan si kecil tidur dan makan. Setelah Anda paham dengan jadwal anak, Anda jadi bisa mengantisipasi si kecil rewel dengan menyesuaikan waktu silaturahmi dengan kegiatan sehari-harinya.

3. Bawa kebutuhan bayi

Siapkan tas khusus bayi yang berisi beberapa setel baju, popok, tisu basah, handuk, bedak, sabun, sampo, minyak telon, handuk, dan sebagainya. Hal ini berguna untuk mencegah kemungkinan yang mungkin terjadi.

Beberapa kemungkinan yang akan terjadi antara lain jika bajunya ketumpahan makanan atau minuman dan jika si kecil banyak melakukan ativitas sehingga bajunya basah karena keringat.

Selain itu, jangan lupa untuk membawakan mainan kesayangan. Benda tersebut akan sangat berguna untuk menghibur atau mengalihkan perhatian si kecil ketika rewel.

4. Bawa makanan bayi

Tips yang terakhir membawa bayi saat bersilaturahmi yakni dengan membawakan makanan si kecil. Hal ini karena makanan bayi tentu tidak sama dengan orang dewasa. Bayi yang berusia 6-12 bulan sering menginginkan makanan untuk di gigit. Hal ini biasanya dibarengi dengan pertumbuhan gigi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawakan makanan agar jam makannya tidak terganggu selama pergi silaturahmi.