Karyawati menunjukkan emas batangan 24 Karat di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Selasa, 13 September 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Gaya Hidup

Tips Aman dan Cerdas Investasi Emas, Cocok untuk Investor Pemula

  • Inilah beberapa tips aman dan cerdas investasi emas untuk investor pemula.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Dari zaman peradaban kuno hingga saat ini, emas masih menjadi mata uang pilihan. Saat ini, banyak investor membeli emas karena dinilai mampu melindungi nilai mata uang jika terjadi kerusuhan politik dan inflasi karena korelasi emas yang rendah dengan kelas aset lainnya.

Ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan dari melakukan investasi emas, seperti bisa digunakan sebagai alat tukar apalagi ketika kondisi krisis, menjadi tabungan dana darurat, membantu melindungi nilai dari kondisi inflasi, dan tidak ada potongan bunga. 

Meski begitu, Anda juga perlu mewaspadai kelemahan melakukan investasi emas, seperti Anda berisiko kehilangan emas karena tindakan kriminal, lebih rumit dalam penyimpanannya, harga emas yang cenderung fluktuatif, dan hanya cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang karena kenaikan harga emas yang lambat.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memang menginginkan untuk berinvestasi pada emas, Anda bisa menyimak beberapa tipsnya berikut ini.

Tips Aman dan Cerdas Investasi Emas untuk Investor Pemula

1. Ketahui Tujuan Investasi

Sebelum Anda melakukan investasi apapun, cobalah untuk mengetahui tujuan investasi Anda, apakah untuk tabungan pendidikan anak, dana hari tua, atau tabungan pernikahan. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui dengan tepat jangka waktu yang akan Anda berikan untuk instrumen investasi tersebut.

Jika Anda mencari investasi yang memberi keuntungan dalam jangka waktu yang singkat, maka itu artinya Anda tidak cocok dengan emas. Pada umumnya, butuh waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan dari emas. Oleh karena itu banyak yang menyarankan jika sebaiknya investasi emas digunakan untuk investasi jangka panjang dalam kurun waktu 5-10 tahun.

2. Rutin Memantau Harga Emas

Anda bisa mencoba memantau perkembangan harga emas secara berkala. Ada beberapa situs seperti laman resmi Logam Mulia yang sering menampilkan perkembangan harga emas terkini.

3. Membeli Emas di Pihak terpercaya

Anda bisa membeli emas untuk investasi salah satunya di PT ANTAM, yang bisa diakses dengan cara langsung membeli di gerai penjualan emas di kantor tersebut atau di situs e-commerce yang menjual emas ANTAM resmi. Selain itu, Anda bisa membeli atau membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian. Baik PT ANTAM atau PT Pegadaian sama-sama merupakan Badan Usaha Milik Negara sehingga lebih terpercaya.

4. Simpan Emas dengan Aman

Melakukan investasi emas berarti Anda perlu menyiapkan tempat untuk menyimpannya. Anda bisa mencoba mencari brankas atau safety box untuk menyimpan emas. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan Safe Deposit Box (SDB) yang disediakan oleh bank. Biasanya, bank akan memberikan biaya tambahan untuk layanan ini.

Itu tadi beberapa tips aman dan cerdas investasi emas untuk investor pemula. Selain cerdas dan aman dalam melakukannya, Anda juga perlu bersabar untuk mendapatkan keuntungan dari investasi ini, mengingat emas adalah termasuk instrumen investasi dalam jangka panjang.