<p>Hati-hati! Inilah tanda-tanda serangan jantung saat olahraga/Freepik.com</p>
Gaya Hidup

Tips Aman Olahraga Lari Saat Puasa pada Bulan Ramadan

  • Inilah tips aman olahraga lari atau jogging saat puasa pada bulan Ramadan

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Saat berpuasa, tentu kita sering merasakan tubuh menjadi lemas sehingga tidak bersemangat untuk menjalankan aktivitas, apalagi berolahraga.

Padahal, olahraga justru dapat membuat tubuh jadi lebih fit dan berenergi saat berpuasa. Salah satu olahraga yang disarankan adalah lari pelan seperti jogging.

Jogging diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti menjaga kesehatan jantung, menguatkan otot, menjaga kesehatan tulang dan berat badan.

Agar tubuh tetap fit saat puasa, simak tips aman olahraga berikut ini.

Cukup minum air putih
Pada malam sebelum olahraga, sebaiknya Anda minum banyak air. Pastikan Anda meminum cukup air selama sahur karena dapat bertahan sepanjang hari hingga malam hari.

Mengatur waktu yang tepat
Cobalah untuk berolahraga mendekati dengan waktu berbuka puasa. Sehingga ketika Anda mengalami haus atau dehidrasi, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Olahraga ringan
Saat puasa, Anda tidak diperintahkan untuk berolahraga yang ekstrem atau menguras tenaga. Anda bisa sedikit menurunkan level olahraga harian Anda sehingga tubuh tetap fit dan berenergi.

Ambil rute yang lebih mudah
Jangan mengambil rute atau jalan berbukit atau pegunungan. Cobalah untuk berlari di jalan yang datar sehingga tidak menguras energi Anda seharian.

Berpakaian yang sesuai
Jika cuaca sedang panas, gunakan pakaian olahraga yang longgar, sehingga Anda tidak kesulitan bernapas dan tidak kepanasan.

Istirahat
Selama berlari, Anda boleh bersantai dan beristirahat sejenak. Karena yang difokuskan pada aktivitas ini adalah Anda melakukan aktivitas fisik sehingga tubuh tetap fit.

Tidur yang cukup
Pastika pada malam sebelum dan sesudah olahraga lari Anda tetap tidur yang cukup.