Gaya Hidup

Tips Belanja Cerdas Tanpa Tergoda Promo Diskon

  • Tips agar Anda tidak tergoda banyak promo dan diskon.
Gaya Hidup
Azura Azka Syavira

Azura Azka Syavira

Author

Momen lebaran yang berdekatan dengan tanggal cantik pasti banyak godaan yang bikin Anda ingin belanja banyak. Apalagi saat momen tersebut banyak merchant yang menawarkan diskon besar-besaran. 

Belanja sebenarnya tidak apa-apa asalkan jangan sampai bikin tabungan jadi jebol. Berikut tips agar Anda tidak tergoda banyak promo dan diskon. 

1. Pertimbangkan Kebutuhan di Atas Kemauan

Banyaknya promo sana-sini saat membuka aplikasi online shop seringkali menimbulkan impulsive buying. Bisa-bisa uang yang sebelumnya Anda alokasikan untuk menabung, malah berujung barang yang belum tentu terpakai.

Agar tidak ada penyesalan sesudahnya, sebelum dibeli pikirkan baik-baik dulu. Apakah barang itu sudah sesuai kebutuhan atau hanya kemauan? Sebelum membeli juga sebaiknya periksa lagi apakah Anda sudah memiliki barang tersebut atau belum. Jangan sampai setelah barang tiba malah hanya sekali-dua kali pakai lalu memenuhi lemari dan sudut ruangan.

2. Buat Skala Prioritas

Kalau Anda punya hobi misalnya koleksi action figure atau K-POP, Anda berhak untuk menyenangkan diri sendiri. Tapi kembali lagi ke budget yang dimiliki. Jangan sampai setelah membeli barang hobi malah bikin saldo pas-pasan. 

Penting buat Anda punya skala prioritas agar kewajiban dan kebutuhan tidak tersita oleh hobi. Misalnya kendaraan kamu sudah masuk waktunya ganti oli, tapi ada action figure yang lagi diskon. Daripada malah bikin kantong makin jebol karena mesin kendaraan kamu rusak, lebih baik menunda beli action figure-nya. 

3.  Ingat Investasi dan Menabung

Tetap prioritaskan investasi dan menabung ya. Jangan menabung uang sisa dari penghasilan bulanan Anda. Tapi, Andaharus menabung dan investasi setelah menerima gaji. Jadi, jika alokasinya sudah cukup, tidak ada salahnya untuk belanja.