Tips Belanja Online Sesuai Anggaran Saat Harbolnas 11-11
Gaya Hidup

Tips Belanja Online Sesuai Anggaran Saat Harbolnas 11-11

  • Inilah tips belanja online agar tetap sesuai anggaran belanja saat Harbolnas 11-11
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tanggal 11-11 atau tepatnya 11 November 2021 adalah waktu yang dinanti-nanti banyak orang. Pasalnya, ada pesta belanja online yang kembali hadir yaitu Harbolnas 11-11.

Di acara Harbolnas 11-11 ini, Anda tentunya bisa mendapatkan penawaran menarik dari berbagai e-commerce atau online shop, baik itu gratis ongkos kirim, diskon harga, dan sebagainya.

Meski begitu, jika Anda berbelanja dengan anggaran yang terbatas, itu artinya Anda memiliki sejumlah uang tertentu yang dapat Anda belanjakan. Tentu saja dengan anggaran yang sudah Anda buat, sebaiknya Anda tidak membeli barang atau berbelanja di luar jumlah tersebut.

Penganggaran keuangan sangat penting. Meskipun sepertinya Anda sudah membatasi pembelanjaan yang Anda lakukan, hal itu tetap bisa membantu untuk menghemat uang Anda.

Oleh karena itu, agar Anda tetap belanja online sesuai budget saat Harbolnas 11-11, Anda perlu menyimak beberapa tips atau cara berikut ini.

Rencanakan Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan berbelanja online adalah merencanakan belanja Anda. Anda harus mengetahui kondisi keuangan saat ini dan menentukan berapa banyak yang akan Anda habiskan dan mampu Anda bayarkan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memulai membuat daftar belanja yang penting hingga tidak penting. Dengan cara ini, Anda bisa mengesampingkan belanja barang yang tidak Anda butuhkan. Selain itu, cara ini bisa membantu Anda tetap dalam anggaran yang sudah disepakati serta menghindari pengeluaran secara berlebihan.

Bandingkan dengan Pengecer

Setelah Anda memutuskan apa saja yang akan Anda beli secara online, Anda perlu mengetahui toko apa yang ideal. Di sinilah Anda harus membandingkan pengecer dan mencari harga termurah.

Selain mempertimbangkan soal harga, Anda juga harus memperhitungkan soal kualitas produk yang mereka jual. Jika Anda membutuhkan barang elektronik, pergilah ke toko online yang khusus menjual barang elektronik.

Gunakan Daftar Belanja

Daftar belanja akan memudahkan Anda untuk mengetahui apa saja yang harus dibeli, dan toko online apa yang memberikan penawaran terbaik.

Manfaatkan Kupon, Voucher, dan Diskon

Anda harus memanfaatkan baik itu kupon, voucher, atau diskon secara maksimal saat belanja online. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk menghemat uang dan tetap mendapatkan barang yang Anda butuhkan. Anda juga perlu untuk mendapatkan voucher atau kupon yang akan memberikan diskon untuk ongkos kirim agar semakin berhemat.