<p>Ilustrasi olahraga saat puasa bulan Ramadan/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Tips Berolahraga Saat Puasa di Bulan Ramadan

  • Inilah cara tetap fit dengan tips berolahraga saat puasa di bulan Ramadan

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Tak terasa umat muslim di Indonesia telah memasuki hari kedelapan di bulan Ramadan.

Pada saat bulan Ramadan ini, umat muslim diperintahkan untuk berpuasa, tidak makan dan minum selama seharian. Hal ini kadang-kadang membuat Anda bisa jadi letih, lesu dan lemas ketika menjalaninya.

Namun, jika Anda ingin tetap bugar saat Ramadan, Anda bisa melakukan olahraga selama puasa ini. Meski begitu, terkadang berolahraga sedikit terasa sulit karena tidak bisa minum air ketika haus.

Oleh karena itu, simak tips berikut ini yang memberikan Anda cara berolahraga saat berpuasa, yang telah dirangkum dari The Independent.

Banyak minum air putih saat pagi hari
Minumlah air sebanyak mungkin antara berbuka puasa dan sahur. Hal ini akan menghindari risiko dehidrasi pada siang hari.

Temukan waktu olahraga yang tepat
Anda perlu mengetahui waktu olahraga yang tepat atau sesuai dengan Anda. Ada beberapa orang yang menyukai olahraga pada malam hari, ada juga yang melakukan olahraga pada sore atau pagi hari.

Bergabung dengan gym yang buka 24 jam
Jika ada gym yang buka 24 jam, Anda bisa memiliki waktu yang lebih fleksibel. Anda bisa berolahraga setelah berbuka puasa atau setelah solat tarawih.

Luangkan waktu untuk pemulihan
Setiap program olahraga membutuhkan waktu istirahat. Oleh karena itu, sebaiknya luangkan waktu pada siang hari untuk tidur siang yang digunakan untuk pemulihan tubuh Anda.

Tetap olahraga meski sebentar
Agar Anda tetap fit sepanjang hari meski berpuasa, Anda cukup melakukan olahraga paling tidak 10 menit setiap hari. Anda bisa melakukan aktivitas ringan seperti peregangan, jalan kaki dan sebagainya.

Hal ini akan membuat tubuh dan pikiran Anda lebih fit dan segar karena tidak duduk dan tidur sepanjang hari.