<p>Ilustrasi tips  jaga tubuh tetap sehat saat lebaran Idul Fitri 2021/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Tips Jaga Tubuh Tetap Sehat Saat Hari Raya Idul Fitri

  • Inilah cara dan tips untuk jaga tubuh tetap sehat saat rayakan momen Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2021

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Tak terasa, bulan Ramadan akan berakhir. Untuk Anda yang muslim, pasti sudah menantikan momen kebahagiaan di Hari Raya Lebaran Idul Fitri tahun 2021 ini.

Setelah sebulan melaksanakan ibadah puasa, pada Hari Raya Lebaran Idul Fitri tahun 2021 kita diperbolehkan untuk makan saat pagi dan siang hari. Tak jarang, banyak yang memanfaatkan kesempatan tersebut dengan mengonsumsi berbagai macam masakan.

Namun, jika Anda terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan saat lebaran, justru bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi banyak makanan padat energi diketahui dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sakit perut, kembung, berat badan bertambah dan kadar glukosa darah yang tinggi.

Agar tidak mengalami hal tersebut, Anda perlu mengetahui tips untuk menjaga tubuh tetap sehat saat Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2021 berikut ini.

Kontrol Porsi Makan
Sebelum mengambil makanan, Anda harus berkomitmen hanya akan mengambil makanan yang Anda butuhkan. Hal ini membantu untuk mencegah makan secara berlebihan.

Usahakan untuk tidak menumpuk banyak makanan di piring agar Anda tidak merasa tertekan untuk harus menghabiskan semuanya.

Konsumsi Kurma
Coba makan sedikit kurma sebelum mengonsumsi makanan manis lainnya. Cara ini diketahui dapat membantu tidak menimbulkan keinginan untuk makan secara berlebihan.

Tinggalkan Meja Makan Setelah Selesai
Saat Anda selesai mengonsumsi hidangan saat Idul Fitri, segera tinggalkan meja makan agar Anda tidak tergoda untuk mencoba makanan yang lain.

Tetap Konsumsi Sayur
Cara mengontrol nafsu makan saat Hari Raya Idul Fitri adalah dengan sering makan dalam porsi kecil. Selain itu, setiap porsi tersebut juga harus dilengkapi dengan sayuran.

Pantau Glukosa Darah
Periksa kadar glukosa darah Anda lebih teratur. Perubahan rutinitas dan kebiasaan makan serta penyesuaian obat Anda setelah Ramadhan dapat menimbulkan dampak yang tidak terduga.

Minum Air Putih yang Cukup
Minum air putih penting untuk mencegah dehidrasi setelah puasa berkepanjangan. Hal ini sangat penting terutama setelah makan makanan manis karena ginjal akan menggunakan air untuk mengeluarkan gula dari sistem. Usahakan minum satu cangkir air setiap jam.