Ilustrasi roof box.
Gaya Hidup

Tips Memasang Roof Box di Mobil untuk Mudik Lebaran

  • Pemudik mobil kini tak perlu lagi khawatir jika hendak membawa banyak barang meskipun bagasi kendaraan terbatas.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Pemudik mobil kini tak perlu lagi khawatir jika hendak membawa banyak barang meskipun bagasi kendaraan terbatas. Aksesori bernama roof box bisa menjadi salah satu solusi untuk menambah kapasitas barang bawaan. 

Ruang penyimpanan yang ditaruh di atas atap mobil ini perlu dipasang dengan baik agar tidak mengganggu keseimbangan kendaraan saat di jalan. Berikut tips memasang roof box di mobil untuk mudik. 

Pastikan Ada Roof Rail

Roof rail diperlukan sebagai tempat memasang roof rack untuk roof box. Artinya, roof box tak bisa diletakkan asal-asalan karena dapat merusak mobil serta rawan jatuh. Anda perlu memastikan roof rail di mobil benar-benar kuat untuk memasang roof rack. Sejumlah SUV dan MPV biasanya sudah dilengkapi roof rail. 

Cek Kekuatan Roof Rack 

Pilih roof rack yang kuat dan memiliki dudukan mantap serta tidak mudah dibongkar pasang. Roof rack yang baik dapat menunjang roof box. Besarnya pun tak melebihi lebar bodi mobil sehingga tidak mengganggu stabilitas kendaraan. 

Ketahui Kapasitas Mobil

Setiap mobil memiliki daya angkut maksimal untuk menjaga keselamatan di jalan. Idealnya, roof rack dan roof box dimasukkan sebagai kategori barang bawaan karena bukan komponen asli mobil. Anda dapat mengurangi daya angkut maksimal dengan berat roof box dan roof rack untuk mendapatkan kapasitas angkut ideal mobil. 

Sesuaikan Kebutuhan 

Jika hanya membutuhkan ruang tambahan yang kecil, jangan membeli roof rack yang terlalu besar. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi mobil Anda. Untuk menunjang keamanan, pilih roof box bermerek dengan sertifikat keamanan.  

Pastikan Letaknya Pas

Anda perlu benar-benar memahami cara memasang roof box pada roof rack hingga mekanisme penguncian tutupnya untuk menjaga keamanan. Pastikan pula posisi letaknya di atap mobil pas untuk menjaga keseimbagan kendaraan. 

Berkendara dengan Tenang

Cara mengemudi tak kalah penting diperhatikan apabila mobil Anda memiliki roof box. Kehadirannya akan mengubah aerodinamika serta menambah berat keseluruhan mobil. Biasanya mobil akan terasa lebih berat dan sulit dikendalikan. Anda perlu beradaptasi lebih dulu. Pastikan menjalankan mobil secara tenang dan tak serampangan.