Inilah Negara yang Pertama Rayakan Tahun Baru 2023, Tertarik Mengunjunginya?
Rumah & Keluarga

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2024

  • Banyak orang yang ingin sekali setiap tahunnya selalu menghasilkan sesuatu yang baru dan produktif serta jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Jika Anda tipe yang terstruktur dan selalu ingin menambah hal-hal baik, anda bisa simak beberapa tips berikut ini.
Rumah & Keluarga
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA - Tidak terasa tahun 2023 sudah akan habis dan akan berganti ke tahun 2024. Sudah banyak kejadian dan juga pelajaran yang pastinya bisa anda ambil.Tidak sedikit juga orang-orang yang melihat lagi resolusi pada awal tahun 20223 kemarin, apakah sudah ada yang terlaksana atau belum. 

Namun, hal itu bagaikan kaset lama yang terus diulang-ulang. Banyak orang yang ingin sekali setiap tahunnya selalu menghasilkan sesuatu yang baru dan produktif serta jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

Jika anda tipe yang terstruktur dan selalu ingin menambah hal-hal baik, Anda bisa simak beberapa tips agar tidak mengulangi kegagalan dalam menjalankan resolusi pada tahun 2024 mendatang. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips untuk membuat resolusi tahun baru:

1. Mulai dari Hal Kecil

Resolusi tak selalu memperbaiki kesalahan yang sudah terjadi atau sekadar mendapatkan sesuatu dan belajar hal baru. Anda juga perlu ingat bahwa hal besar bisa dimulai dengan sesuatu yang kecil. Jadi lakukanlah hal tersebut selangkah demi selangkah sampai anda menguasai keterampilan tersebut.

2. Susun Prioritas

Anda bisa membuat dan membagi skala prioritas tersebut dengan membuat daftar resolusi yang dibagi menjadi penting, tidak penting, mendesak dan tidak mendesak. Setelah itu, buat daftar resolusi tahun baru dan coba sejajarkan dengan pembagian yang sudah anda bagi sebelumnya.

3. Belajar dari Pengalaman Masa Lalu

Jika sudah banyak resolusi anda yang belum tercapai, anda mungkin bisa mencoba untuk mewujudkannya pada tahun ini. Bila anda bersedia, mungkin anda akan paham kenapa resolusi tersebut gagal tercapai dan seharusnya anda bisa merancang strategi yang lebih tepat untuk merealisasikannya.

Anda bisa mengingat kembali pencapaian atau pengalaman apa saja yang sempat anda rasakan di tahun sebelumnya.

4. Membuat Resolusi Tahun Baru yang Realistis

Pada tahapan ini anda harus bisa mengukur kemampuan anda untuk mewujudkan resolusi anda pada tahun ini. Karena, biasanya banyak sekali resolusi yang sudah disusun namun di tengah jalan tidak terealisasi dengan baik.

Maka dari itu, saat membaut resolusi tahun baru, anda juga perlu menentukan rentang waktunya agar lebih realistis. Anda dapat membaginya menjadi resolusi jangka pendek, menengah, dan panjang.

5. Jaga Motivasi

Kendala yang paling mendasar dan biasanya dialami oleh banyak orang adalah motivasi dan juga mood yang terkadang menentukan suasana. Maka dari itu, anda harus bisa meneguhkan hati dengan pondasi serta tujuan yang kuat agar tidak goyah di tengah jalan nantinya.