Photo by Scott Webb: https://www.pexels.com/photo/white-and-red-wooden-house-with-fence-1029599/
Gaya Hidup

Tips Membuat Rumah Anda jadi Tempat yang Sehat untuk Keluarga

  • beberapa bahaya paling umum di rumah adalah tingkat radon yang tinggi, air bocor, masalah struktural, cat berbasis timbal dan alarm asap yang tidak berfungsi.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Rumah sudah sebaiknya menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk bersantai dan beristirahat setelah seharian bekerja. Rumah bisa menjadi tempat yang berbahaya termasuk untuk kesehatan Anda jika tidak dibersihkan dan diberikan tindakan pencegahan yang tepat.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, beberapa bahaya paling umum di rumah adalah tingkat radon yang tinggi, air bocor, masalah struktural, cat berbasis timbal dan alarm asap yang tidak berfungsi.

Bahaya-bahaya ini belum termasuk potensi serangan serangga dan jamur yang bisa datang jika rumah tidak dibersihkan dengan baik.

Kebutuhan keamanan spesifik rumah Anda bergantung pada siapa yang tinggal bersama Anda. Jika Anda tinggal dengan anak-anak, individu dengan keterbatasan gerak atau orang lanjut usia, Anda perlu mengambil tindakan pencegahan ekstra.

1. Periksa bagian luar rumah

Langkah awal untuk memastikan keamanan rumah adalah dengan memeriksa bagian luar, periksalah apabila ada lubang, retakan, dan kebocoran di bagian luar rumah. Hal ini tentunya untuk mencegah hewan-hewan yang tidak diinginkan masuk kedalam rumah.

2. Hilangkan genangan air

Genangan air memberi ruang untuk nyamuk dan serangga bertelur. Sebisa mungkin hilangkan genangan air yang ada di lingkungan sekitar rumah Anda. Jika Anda tetap ingin mempertahankan kolam Anda, tambahkan elemen air mancur agar air tetap mengalir.

3. Tutup tempat sampah Anda dengan rapat

Kantong sampah plastik mampu memancing hewan seperti kucing liar dan tikus liar untuk mencari-cari sisa makanan yang enak. Cobalah untuk menggunakan tempat sampah yang lebih tahan banting lengkap dengan penutupnya, karena plastik terlalu rentan untuk dirusak hewan yang lapar.

4. Miliki keset di kedua sisi pintu masuk

Keset masuk dapat membantu mencegah kotoran, alergen, polutan dan bahan kimia yang terbawa dari luar masuk ke dalam rumah. Pertimbangkan juga untuk menerapkan kebijakan tanpa sepatu di dalam rumah.

5. Pastikan Anda memiliki sistem ventilasi yang tepat

Ventilasi yang tepat dapat membantu membawa udara luar yang bersih ke dalam ruangan dan membuang udara pengap dan tercemar di dalam ruangan.

Rumah yang sehat mampu menjaga penguni dan tamunya untuk tetap aman dari bakteri dan bahaya. Setiap ruangan dalam rumah memiliki daftar potensi bahayanya sendiri. Tetapi dengan perencanaan dan pencegahan yang tepat, Anda dapat menciptakan lingkungan yang sehat sehingga keluarga Anda dapat menghabiskan waktu di rumah dengan aman dan tenang.