<p>Ilustrasi membuat rencana keuangan/Freepik.com/jcomp</p>
Gaya Hidup

Tips Membuat Rencana Keuangan Usai Pandemi

  • Tips memulai membuat rencana keuangan pasca pandemi COVID-19

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Meski pandemi COVID-19 belum berakhir, orang yang divaksinasi kini telah meningkat dari hari ke hari. Oleh karena itu, Anda bisa berpikir bahwa mungkin ini saatnya untuk mulai membuat rencana keuangan usai pandemi.

Berikut cara dan tips saat memulai membuat rencana keuangan pascapandemi.

Evaluasi kondisi Anda saat ini

Entah Anda menghabiskan uang lebih banyak, menabung lebih banyak, kehilangan pekerjaan, atau bekerja sampai lembur, keuangan setiap orang telah banyak terpengaruh oleh pandemi COVID-19 ini. Dikutip dari laman Take Charge America, saat akan mendekati gaya hidup yang lebih stabil, perhatikan situasi keuangan saat ini sehingga Anda dapat memutuskan prioritas untuk langkah ke depannya.

Selalu Disiplin dengan Anggaran

Kini saatnya untuk berkomitmen penuh dengan anggaran yang telah Anda buat. Daripada melihat anggaran sebagai sesuatu yang membatasi, anggaplah anggaran itu justru memberi lebih banyak kebebasan karena Anda jadi paham, ke mana perginya uang Anda.

Membuat Tabungan Dana Darurat

Pandemi COVID-19 membuat tabungan darurat menjadi sorotan tidak seperti sebelumnya. Banyak orang mengalami hidup mereka berubah secara harfiah dalam semalam. Orang-orang yang tidak memiliki tabungan darurat merasakan kesulitan sepanjang tahun lalu.

Jika Anda belum atau tidak mengalaminya, usahakan mulai dari sekarang membuat tabungan darurat untuk menutupi pengeluaran saat Anda mengalami sakit atau kehilangan pekerjaan. Hal ini karena kita tidak tahu keadaan ke depannya.

Kembali bekerja

Jika Anda mengalami PHK saat pandemi, ini saatnya Anda memulai untuk mencari pekerjaan baru. Selain itu, Anda juga bisa mengisi waktu dengan merencanakan bisnis yang bisa segera dieksekusi. Anda juga dapat mengikuti pelatihan-pelatihan untuk menambah keahlian yang nantinya akan berguna saat melamar pekerjaan. Jika Anda masih memiliki pekerjaan, Anda bisa lebih giat bekerja dan mencari tahu, bagaimana bisa mendapatkan promosi agar bisa naik jabatan dan naik gaji.