<p>Ilustrasi Konser Musik / pixabay</p>
Hiburan

Tips Menabung untuk Konser Anti Boncos dan Tanpa Pinjol

  • Berbagai cara biasanya dilakukan untuk bisa menonton konser musik dari penampil favorit. Perlu diingat, salah satu langkah yang sebaiknya dihindari adalah menggunakan pinjaman online (pinjol) untuk kebutuhan tersier seperti ini.
Hiburan
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA – Belakangan ini beberapa musisi tanah air hingga mancanegara akan menggelar konser musik di Indonesia seperti konser idola Korea ENHYPEN, RIIZE, The Boyz, IVE dan aespa di bulan Agustus. Lalu di bulan September akan ada Secret Number.

Di bulan Oktober ada TXT, WAYV, ZEROBASEONE, Taemin. Sedangkan di bulan Desember akan ada Stray Kids. Dan tentu masih ada beberapa Idol K-Pop atau musisi western lain yang akan melangsungkan konsernya di Jakarta.

Tentu saja hal tersebut menjadi kabar baik bagi para pecinta musik yang telah lama menantikan kedatangan sang idola. Namun, tak dapat dipungkiri harga tiket konser musik biasanya tidak murah. Anda perlu merogoh lebih banyak uang, terutama jika ingin mendapatkan posisi yang lebih dekat dengan idola favorit Anda.

Tak tanggung-tanggung, untuk yang di luar Jakarta biasanya harus menyiapkan tiket perjalanan, konsumsi hingga tempat penginapan.

Berbagai cara biasanya dilakukan untuk bisa menonton konser musik dari penampil favorit. Perlu diingat, salah satu langkah yang sebaiknya dihindari adalah menggunakan pinjaman online (pinjol) untuk kebutuhan tersier seperti ini.

Berdasarkan laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), nilai penyaluran fintech lending atau pinjaman online (pinjol) di Indonesia mencapai Rp22,76 triliun per Maret 2024.

Nominal tersebut tumbuh 8,89% dari bulan sebelumnya (month-on-month/mom) yang sebesar Rp20,90 triliun. Angka penyaluran pada Maret 2024 juga melonjak sekitar 15,35% dari periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy) yang sebesar Rp19,73 triliun pada Maret 2023.

Penyaluran pinjol pada Maret 2024 masuk ke 9,78 juta akun penerima pinjaman. Jumlah peminjam tersebut meningkat 6,36% secara bulanan (mom).

Sebanyak 7,3 juta akun peminjam berasal dari Pulau Jawa, yang setara dengan 75% dari total peminjam nasional.

Sementara, mayoritas penerima pinjol di Indonesia adalah anak muda. Menurut laporan OJK, pada Juni 2023, jumlah rekening penerima pinjol yang berusia 19-34 tahun mencapai 10,91 juta, dengan total nilai pinjaman sebesar Rp26,87 triliun.

Jika melihat tren sebelumnya, jumlah penerima pinjol ini meningkat 2,6% dibandingkan bulan sebelumnya (mom) yang mencapai 6,32 juta penerima. Selain itu, jumlahnya juga naik 25,9% dibandingkan setahun lalu (yoy) yang sebanyak 8,67 juta penerima.

Tren pengeluaran generasi Z dan milenial saat ini adalah leisure spending seperti menonton konser dan healing. Pengeluaran ini tidak diimbangi dengan menabung, sehingga penggunaan pinjol semakin meningkat.

Maka dari itu, daripada mengandalkan pinjol illegal hanya demi menonton konser idaman, lebih baik ubah pola pikir Anda dengan menabung mulai dari sekarang. Tidak perlu khawatir, berikut tips menabung untuk menonton konser yang dapat Anda lakukan. Yuk, simak artikel berikut!

Tips Menabung untuk Menonton Konser Anti Boncos Tanpa Pinjol

Enhypen (twitter.com/ENHYPEN)

Berikut ini beberapa tips mengelola uang untuk menonton konser:

1. Sedia Payung Sebelum Hujan

Seringkali kegagalan dalam perjalanan terjadi karena kurangnya perencanaan jauh-jauh hari. Oleh karena itu, penting untuk mengubah mindset Anda.

Jangan menunggu sampai idola Anda datang baru mempersiapkan uang konser. Sebaliknya, mulailah menabung sedini mungkin, bahkan sebelum pengumuman konser itu muncul.

Anda juga bisa mengatasi ini dengan membagi dana ke beberapa tabungan terpisah. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah memisahkan uang untuk keperluan sehari-hari dan konser, sehingga dana di masing-masing tabungan tidak terpakai untuk kebutuhan lain.

2. Membuat Rekening Khusus untuk Konser Musik

Ini adalah salah satu tips terpenting yang perlu Anda lakukan. Sebab, banyak orang sering kesulitan memisahkan tabungan dari pengeluaran sehari-hari, sehingga uang tabungan sering terpakai tanpa disadari. Oleh karena itu, membuat rekening khusus untuk konser atau festival musik yang ingin Anda hadiri bisa menjadi solusi yang efektif.

3. Cari Penghasilan Tambahan

Selain menabung, Anda juga bisa mencari penghasilan lebih untuk mengumpulkan uang tiket konser lebih cepat. Dana tambahan ini bisa digunakan untuk menikmati transportasi dan akomodasi yang lebih baik, membuat perjalanan lebih nyaman.

Anda bisa mencoba beberapa alternatif untuk mencari penghasilan tambahan, seperti bekerja paruh waktu, freelance, atau menjual barang-barang preloved.

4. Menetapkan Tujuan dan Acara Musik yang Ingin Dihadiri

Dari berbagai konser musik tahun ini, Anda perlu memutuskan konser musik mana yang paling ingin Anda datangi. Setelah itu, cari tahu harga tiket dan jadwal acaranya. Dengan informasi ini, Anda dapat menyisihkan sebagian uang dan menentukan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menabung.

5. Rinci Target Anggaran yang Harus Terkumpul

Selain harga tiket, Anda juga perlu mempersiapkan pengeluaran lain seperti tiket konser, outfit, transportasi PP, makanan, penginapan dan merchandise yang dijual di konser tersebut. Setiap kebutuhan ini perlu dicatat dengan rinci sehingga Anda bisa mengetahui total anggaran yang perlu disiapkan mulai dari sekarang.

6. Konsistensi dan Disiplin

Semangat menabung di awal memang mudah, namun konsistensi adalah kunci utama. Tetaplah disiplin dalam menabung agar Anda bisa menikmati konser musisi favorit dengan tenang tanpa khawatir tentang membayar pinjol.

Demikian beberapa tips menabung untuk menonton konser yang dapat Anda terapkan mulai dari sekarang, semoga membantu.