<p>Ilustrasi memilih makanan saat puasa. / Pixabay</p>
Gaya Hidup

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa dengan Menghindari 5 Makanan Ini

  • Tips mencegah bau mulut saat puasa Ramada dengan menghindari 5 makanan dan minuman ini

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Pada bulan Ramadan, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Oleh karena itu, jika Anda berpuasa, Anda tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman apapun sejak setelah sahur hingga berbuka puasa.

Kadang-kadang, bau mulut sering timbul saat orang sedang puasa. Meski terkesan biasa, ada juga orang yang merasa tidak percaya diri dengan bau mulut tersebut.

Ternyata, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menimbulkan bau mulut saat puasa. Berikut penjelasannya.

Ikan
Ikan memiliki ciri khas yaitu beraroma manis. Jika Anda tidak ingin bau mulut saat puasa, lebih baik untuk menghindari ikan sebagai makanan saat sahur.

Anda juga bisa menghilangkan bau ikan pada mulut dengan langsung gosok gigi atau berkumur setelah makan ikan.

Bawang
Bawang juga merupakan bahan masakan yang memicu timbulnya bau mulut saat puasa. Selain itu, aroma bawang juga sulit untuk dihilangkan meski Anda sudah gosok gigi dan berkumur.

Kopi
Kopi ternyata juga merupakan minuman yang memicu timbulnya bau mulut. Hal ini disebabkan karena tingkat keasaman kopi yang bergabung dengan air liur di mulut dapat menyebabkan bau mulut.

Tak heran, jika Anda mudah merasa haus ketika mengonsumsi kopi saat sahur.

Gula
Makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula yang tinggi dapat memicu timbulnya asam yang tinggi dalam rongga mulut. Tak hanya itu, keasaman yang tinggi pada mulut juga menyebabkan kerusakan pada gigi.

Susu
Susu sebetulnya memiliki efek menyebabkan bau mulut dan bau badan yang tidak sedap. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi susu, sebaiknya segeralah minum air putih setelahnya agar mulut tidak bau.