<p>Suasana warga berbelanja di salah satu supermarket di kawasan Kemang, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Tips Menghemat Uang Saat Belanja Ketika Kebutuhan Makin Meningkat

  • Inilah beberapa tips menghemat uang saat belanja ketika kebutuhan semakin meningkat.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Menjelang bulan Ramadan, biasanya banyak orang yang mulai berbelanja untuk memenuhi kebutuhannya pada bulan puasa. Tidak mengherankan jika ada banyak barang yang harus dibeli karena kebutuhan makin meningkat.

Namun, bagi Anda yang memiliki budget atau kondisi keuangan yang terbatas, Anda perlu mengetahui dan mempraktikkan cara menghemat uang berikut ini agar pengeluaran tidak boros dan masih banyak uang yang bisa ditabung.

Cara Belanja Hemat Ketika Kebutuhan Makin Meningkat

Cara Belanja Hemat Ketika Kebutuhan Makin Meningkat

1. Jadikan toko sebagai pilihan terakhir

Biasanya, orang-orang akan segera menuju ke toko kapan saja mereka membutuhkan sesuatu. Namun, ternyata hal itu bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan barang yang Anda butuhkan.

Mungkin Anda merasa membutuhkan pakaian baru yang sesuai dengan tren saat ini untuk menghadiri acara. Namun hal ini ternyata tetap bisa disiasati dengan menggunakan pakaian Anda yang lama. Tidak hanya itu, Anda juga bisa meminjam atau bahkan menyewa jika membutuhkan pakaian khusus untuk acara tertentu.

2. Tawar harga

Beberapa harga memang ada yang sudah ditetapkan sehingga Anda tidak bisa membuang waktu untuk mencoba bernegosiasi untuk menawar harga tersebut. Namun, Anda bisa mencobanya untuk menawar harga apalagi ketika Anda sedang belanja di pasar dan hanya membeli sejumlah barang yang Anda butuhkan saja.

3. Atur waktu pembelian

Jika Anda menunggu untuk membeli sesuatu sampai Anda membutuhkannya, Anda mungkin dapat menghemat banyak uang. Contohnya, jika Anda menginginkan perangkat elektronik terbaru seperti iPhone terbaru, maka biasanya harganya akan mahal.

Namun, Anda perlu mengetahui bahwa setiap produsen ponsel seperti iPhone setiap tahun akan mengeluarkan ponsel terbaru. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli dengan harga yang lebih murah, Anda bisa mencoba menunggu sampai harganya turun tapi tetap mendapatkan spesifikasi smartphone yang terbaru.

4. Temukan pengganti

Jika barang yang Anda butuhkan tidak sesuai dengan anggaran Anda, pikirkan barang alternatif serupa tapi harganya lebih murah. Mencari tahu alasan sebenarnya di balik pembelian yang tertunda akan membantu Anda memikirkan cara untuk mendapatkan barang yang serupa tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Itu tadi beberapa tips menghemat uang saat belanja ketika kebutuhan semakin meningkat.