Bekerja dari Rumah
Gaya Hidup

Tips Menjaga Kesehatan Saat Harus Bekerja dari Rumah

  •  JAKARTA - Pandemi COVID-19 di Indonesia tampaknya belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Oleh karena itu, berbagai kebijakan dilakukan oleh pemerintah
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pandemi COVID-19 di Indonesia tampaknya belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Oleh karena itu, berbagai kebijakan dilakukan oleh pemerintah untuk menurunkan kasus positif COVID-19.

Hal tersebut termasuk menerapkan PPKM. Selain itu, kebijakan seperti bekerja dari rumah atau work from home untuk beberapa perusahaan tertentu.

Bekerja dari rumah memang memiliki manfaat dalam banyak hal, tetapi juga dapat menimbulkan beberapa tantangan fisik, mental dan sosial.

Berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan saat harus bekerja dari rumah, seperti yang dilansir dari laman Medical News Today.

1. Makan Makanan yang Sehat
Diet atau mengonsumsi menu makan yang sehat adalah yang menekankan makanan bergizi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak.

Diet tersebut termasuk telur, kacang-kacangan, ikan, unggas, dan daging tanpa lemak sambil membatasi makanan tinggi gula dan garam.

Diet sehat juga membatasi makanan tinggi lemak jenuh, seperti potongan daging merah berlemak, dan lemak trans, seperti makanan olahan.

2. Tetap Terhidrasi
Minum air putih dengan cukup sangat penting untuk mencegah dehidrasi, suatu kondisi yang dapat menyebabkan konstipasi dan perubahan suasana hati.

Mengonsumsi air putih yang cukup adalah pilihan minuman terbaik, tetapi minum kopi dan teh dalam jumlah sedang juga diperbolehkan. Anda sebaiknya juga menghindari minuman manis, seperti soda, minuman energi, dan minuman buah.

3. Tetap Olahraga
Olahraga memiliki manfaat fisik dan psikologis. Anda bisa meluangkan waktu dengan berjalan cepat di area sekitar atau berolahraga dengan bantuan panduan dari video seperti di YouTube.

4. Pertahankan Keseimbangan Kehidupan Kerja
Saat Anda bekerja dari rumah, batas antara pekerjaan dan kehidupan rumah sehari-hari bisa menjadi kabur. Oleh karena itu, ada baiknya menetapkan batas antara waktu kerja dan waktu istirahat.

5. Atur Ruang Kerja di Rumah
Saat bekerja dari rumah, sebaiknya Anda mengaturnya agar postur tubuh Anda tetap baik untuk mencegah sakit punggung. Pastikan untuk menggunakan kursi yang membuat pinggul dan lutut Anda harus berada pada atau sedikit di atas sudut 90 derajat.