<p>Ilustrasi kartu Prakerja / Foto:www.prakerja.go.id</p>
Nasional & Dunia

Tips Pilih Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 58

  •  JAKARTA - Seleksi kartu prakerja gelombang ke-58 diumumkan sejak Rabu, 2 Agustus 2028. Bagi Anda yang lulus, Anda akan diminta untuk segera melakukan pela
Nasional & Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Seleksi kartu prakerja gelombang ke-58 diumumkan sejak Rabu, 2 Agustus 2028. Bagi Anda yang lulus, Anda akan diminta untuk segera melakukan pelatihan.

Anda bisa memilih pelatihan sesuai dengan minat. Selain itu, aplikasi kartu prakerja juga menyediakan beragam vendor supaya Anda dapat melakukan pelatihan.

Dalam beberapa kondisi, hal ini tentunya membuat Anda bingung. Terlebih, jika sejak awal Anda memang mengincar sejumlah pelatihan lintas bidang.

Beranjak dari hal itu, berikut tips memilih pelatihan prakerja dengan benar suapaya berguna untuk pengembangan diri Anda.

1. Pikirkan Tujuan

Saat memilih pelatihan, tentukan terlebih dahulu tujuan Anda. Apakah untuk meningkatkan keterampilan, mendapatkan pekerjaan baru, atau memulai bisnis sendiri.

Jika untuk mengasah skill, Anda dapat mengikuti pelatihan berbasis produksi. Namun jika ingin bisnis sendiri, lebih baik ikut pelatihan terkait menejemen.

2. Tentukan bidang pelatihan yang sesuai dengan tujuan Anda

Ada banyak sekali jenis pelatihan yang tersedia di Kartu Prakerja. Mulai dari keterampilan digital hingga keterampilan non-digital.

Pilihlah pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.

3. Bacalah ulasan peserta lain

Setelah menentukan beberapa pelatihan yang menarik, bacalah ulasan peserta lain untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas pelatihan tersebut.

4. Perhatikan biaya pelatihan

Kartu Prakerja memberikan bantuan biaya pelatihan hingga Rp 3,5 juta. Namun, ada beberapa pelatihan yang lebih mahal dari itu. Pastikan untuk memilih pelatihan yang sesuai dengan anggaran Anda.

Sekilas tentang kartu prakerja, program ini   merupakan bantuan yang diberkan untuk meningkatkan keterampilannya. Ini dilakukan sebagai wujud dari bantuan pemerintah untuk menciptakan SDM unggul.

Menilik gelombang sebelumnya, besaran insentif yang diterima oleh peserta kartu prakerja senilai Rp4,2 juta.

Lebih rinci, Rp3,5 juta dialokasikan untuk biaya pelatihan. Sedangkan Rp600 ribu diberikan untuk insentif pelatihan. Kemudian, ada juga insentif pengisian survey sebersar Rp50.000.