Masjid Sheikh Zayed Solo.
Gaya Hidup

Tips Salat Tarawih di Masjid Sheikh Zayed Solo dengan Nyaman

  • Jumlah pengunjung pun terus bertambah mengingat Masjid Sheikh Zayed turut menyambut bulan Ramadan.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

SOLO—Masjid Sheikh Zayed Solo kini telah menjadi jujukan warga lokal maupun luar kota. Tak hanya untuk beribadah, masjid hibah dari Uni Emirat Arab (UEA) ini tak ubahnya seperti lokasi wisata. Puluhan ribu pengunjung memadati masjid yang terletak di Kelurahan Gilingan, Banjarsari, tersebut. 

Jumlah pengunjung pun terus bertambah mengingat Masjid Sheikh Zayed turut menyambut bulan Ramadan. Para Jemaah berbondong-bondong mengikuti salat wajib maupun salat Tarawih di masjid bergaya Mughal tersebut. Lalu bagaimana tips salat Tarawih di Masjid Sheikh Zayed Solo dengan nyaman?

Kementerian Agama memberikan kiat agar pengunjung dapat beribadah Tarawih dengan khusyuk di masjid yang dibuka untuk umum sejak 28 Februari 2023 itu. Pertama, usahakan tiba di masjid sebelum bedug Maghrib. Ini agar pengunjung tidak terburu-buru menjalankan salat. 

“Nanti jemaah bisa ikut buka bersama dan salat Maghrib berjemaah lebih dulu di sini,” ujar pengelola Masjid Sheikh Zayed Solo, Hadi, dikutip dari kemenag.go.id, Kamis 30 Maret 2023.

Selama Ramadan, Masjid Sheikh Zayed menyediakan minimal 12.000 paket berbuka puasa per harinya. Tenda-tenda disiapkan di halaman masjid untuk tempat jemaah berbuka puasa. Tips kedua, jangan membawa barang bawaan terlalu banyak. “Cukup bawa alat salat dan Alquran saja. Makanan dan minuman tidak diperkenankan di bawa ke area dalam masjid,” jelas Hadi. 

Sejak dibuka untuk umum, pengamanan di Masjid Sheikh Zayed Solo juga diperketat. Jemaah harus melewati pintu x-ray sebelum memasuki  area masjid, jemaah harus melewati pintu x-ray. Sejumlah petugas juga akan memeriksa barang bawaan jemaah. “Ini untuk menjaga agar kondisi masjid tetap bersih, nyaman, dan kondusif,” ujar Hadi.

Ketiga, pengunjung disaranan menggunakan kendaraan umum untuk menuju masjid. Caranya, cukup cari kendaraan umum yang menuju Terminal Tirtonadi, Solo. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menyediakan shuttle bus dari Terminal Tirtonadi untuk mengantar pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed. 

“Menggunakan kendaraan umum bisa menghemat waktu jemaah karena tidak perlu cari tempat parkir lagi,” tutur Hadi.

Jadi, tertarik mencoba salat Tarawih di Masjid Syeikh Zayed Solo? Jangan lupa ajak keluarga ya!