<p>Ilustrasi ruang tamu kecil tampak lebih besar/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Tips Sederhana Menata Ruang Tamu Kecil Terlihat Lebih Besar

  • Inilah cara dan tips sederhana menata ruang tamu kecil agar terlihat lebih besar

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA – Meningkatnya jumlah penduduk membuat sulitnya mendapatkan lahan yang luas di perkotaan. Oleh karena itu, kini makin banyak pembangunan rumah kecil di perkotaan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menjadikan rumah Anda tempat yang nyaman.

Rumah mungil membuat ruang di dalam rumah terbatas. Karena sempitnya ruangan, banyak orang yang sering mengeluh rumahnya sangat tidak nyaman. Ruangan yang sempit memang membuat kita merasa sesak.

Karena rumah adalah tempat tujuan orang-orang untuk bersantai, maka dari itu beberapa orang akan berusaha untuk membuat kamarnya senyaman mungkin. Biasanya orang akan memilih ruang tamu sebagai tempat penting di rumahnya. Ruang keluarga sering digunakan untuk mengobrol dengan teman dan keluarga. Jadi, jika ruang tamu yang sempit terasa pengap maka akan berpengaruh pada suasana rumah. Namun, ada caranya agar ruang tamu Anda tampak lebih besar, berikut caranya yang telah dikutip dari Roohome.

Pasang jendela yang besar
Hal sederhana pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruang tamu Anda yang sempit terlihat lebih besar adalah dengan mengaplikasikan jendela besar pada rumah Anda. Ruangan kecil membutuhkan lebih banyak cahaya. Menggunakan cahaya alami adalah pilihan yang tepat. Cahaya alami akan membuat ruangan kecil Anda terasa tidak pengap dan membuat suasana menjadi hangat dan nyaman.

Tambahkan karpet
Permadani akan membuat ruang tamu kecil Anda terlihat lebih besar. Karena permadani akan memberikan ilusi bagi orang-orang yang melihatnya. Selain itu permadani juga akan membuat tampilan ruang keluarga menjadi lebih menarik. Usahakan untuk memilih permadani yang empuk agar Anda merasa nyaman menginjaknya.

Gantung cermin di dinding
Hal sederhana ketiga yang bisa Anda lakukan adalah menggantungkan cermin di dinding ruang tamu. Cermin akan memantulkan bayangan di kamar Anda dan membuat ruangan tampak lebih besar. Selain itu, cermin juga bisa memantulkan sinar matahari yang masuk dan membuat ruang keluarga kecil Anda terlihat lebih terang dan tidak pengap.

Ada begitu banyak gaya cermin yang bisa Anda pilih. Cobalah untuk memilih cermin yang sesuai dengan ruang keluarga Anda. Selain itu, cermin bisa menjadi pajangan untuk ruang tamu. Sehingga, akan membuat ruang tamu terlihat lebih menarik.

Tempatkan tanaman di sudut ruangan
Agar ruang tamu terasa segar dan nyaman, Anda bisa menambahkan beberapa tanaman di ruang tamu. Jika Anda memilih tanaman berukuran besar, Anda bisa meletakkannya di pojok ruangan.

Anda tidak dapat menempatkan sofa di sudut ruangan. Beri jarak antara dinding dan sofa. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya untuk menempatkan tanaman. Pilih tanaman yang memang bisa bertahan hidup di dalam ruangan.

Gunakan warna cerah
Hal sederhana terakhir yang akan membuat ruang tamu sempit Anda terlihat lebih besar adalah warna cerah sebagai alas ruangan. Coba pilih warna putih sebagai cat tembok ruang tamu. Warna putih akan memantulkan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Sehingga ruang keluarga Anda akan terasa lebih besar dan tidak terasa pengap.