Nasional & Dunia

Tiru Gerakan Manusia Seperti Film Real Steel, Docomo Ciptakan Robot yang Bisa Buat Teh

  • Dalam pameran MWC yang digelar di Barcelona, DoCoMo menunjukkan robot kecil yang dapat membuat teh
Nasional & Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

BARCELONA - Perusahaan Jepang DoCoMo menciptakan sebuah robot yang bisa meniru gerakan manusia. Dalam pameran MWC yang digelar di Barcelona, DoCoMo menunjukkan robot kecil yang dapat membuat teh.

Layaknya film Real Stell, Robot Docomo mengandalkan teknologi berbagi gerak  yang memungkinkannya mengikuti tindakan rekan manusianya secara real-time. 

Sebagaimana diperagakan oleh seorang demonstran yang terhubung dengan serangkaian detektor, robot ini  mensimulasikan semua tindakan yang terlibat dalam proses menyeduh teh. Di sisi lain,  sebuah robot melakukan tindakan yang sama dengan cangkir yang sebenarnya.

Mengutip Insider Jumat, 3 Maret 2023, perwakilan DoCoMo mengatakan Gerakan tersebut dapat direkam dan diulang kapan saja, sehingga robot dapat mengaduk teh dengan sendirinya. 

Ke depannya, perusahaan berharap kemampuan robot untuk meniru tindakan manusia pada akhirnya dapat melakukan serangkaian kegiatan dan digunakan pada kehidupan nyata dengan meniru sejumlah pekerjaan kasar dan berulang secara otomatis.

Lebih rinci, robot DoCoMo didukung oleh perangkat yang merekam keadaan seseorang dan mentransfernya ke robot. Perusahaan berharap hal ini kedepannya dapat melakukan ini secara nirkabel setelah 6G, generasi berikutnya dari broadband seluler membuahkan hasil.

Perlu diketahui, Setiap generasi broadband seluler disebut-sebut lebih cepat dan lebih andal. Generasi kelima, atau 5G, menjanjikan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan yang lebih baik serta konektivitas yang lebih luas. Meskipun 5G baru dirilis,  ada desas-desus yang jelas teknologi seputar 6G akan muncul MWC tahun ini. 

Sekadar informasi, robot pembuat teh hanyalah salah satu cara Docomo mendemonstrasikan augmentasi manusia di MWC. Itu juga menerapkan teknologi transfer gerak ke keyboard musik dan memamerkan realitas yang diperluas atau XR.

Adapun tujuan akhir dari  Docomo adalah untuk menciptakan haptics pada robot sehingga sehingga mereka dapat berbagi emosi dan keterampilan dengan orang lain .

Di masa depan, Docomo membayangkan  masing-masing dari panca indera dapat ditransfer dari manusia, baik menggunakan aplikasi dari kedokteran hingga seni. Bahkan toko pakaian dapat memanfaatkannya untuk memberi pelanggan rasa kain sebelum membeli produk.

Sekadar informasi, Robot telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Boston Dynamics contohnya yang   meluncurkan versi yang lebih kuat dari cyborg tegak dan anjing robot mereka. 

Pada tahun 2021, perusahaan AS mendemonstrasikan bagaimana mesinnya dapat melakukan serangkaian gerakan parkour yang rumit.