Foto Richard Feynman
Gaya Hidup

Tiru Teknik Belajar Richard Feynman, Fisikawan Amerika yang Berpengaruh

  • Secara garis besar untuk melakukan teknik belajar Feynman, Anda harus bersikap seolah-olah sedang mengajarkan apa yang Anda pelajari kepada orang lain
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Kebiasaan terus belajar membuat Anda dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Memiliki banyak ilmu tentunya akan memudahkan hidup Anda. 

Namun, apakah Anda pernah merasa susah belajar? Anda mungkin sudah rutin belajar namun rasanya seperti tidak dapat apa-apa karena materi susah masuk ke dalam memori otak? Mungkin Anda harus memakai teknik belajar Feynman.

Teknik belajar Feynman diturunkan dari pemikiran salah satu fisikawan paling berpengaruh di dunia yaitu Richard Feynman. Richard Feynman adalah saintis penerima Nobel di bidang fisika tentang elektrodinamika Kuantum pada tahun 1965.

Secara garis besar untuk melakukan teknik belajar Feynman, Anda harus bersikap seolah-olah sedang mengajarkan apa yang Anda pelajari kepada orang lain. Sehingga bahasa yang Anda gunakan juga haruslah sederhana agar mudah dibaca dan dipahami oleh orang lain.

Berikut adalah 3 langkah melakukan teknik belajar Feynman.
1. Menentukan topik yang ingin dipelajari 
Cobalah mengambil selembar kertas dan menuliskan topik yang ingin Anda pelajari, ini akan menuntun Anda untuk menuliskan materi-materi lain yang berkaitan dengan topik tersebut. Setelahnya, cobalah membaca dan memahami materi yang telah Anda tentukan tersebut.

2. Jelaskan ulang menggunakan bahasa Anda sendiri
Setelah selesai membaca materi, saatnya menutup kertas Anda dan mulai menjelaskan ulang materi dengan bahasa Anda sendiri. Bersikaplah seolah-olah Anda sedang presentasi atau sedang menjelaskan kepada Andak berusia 12 tahun

3. Ulangi bagian yang belum dimengerti
Selama proses menjelaskan ulang materi, Anda mungkin menemukan beberapa bagian materi yang belum Anda mengerti. Ulangi lagi membaca dan memahami materi hingga Anda paham.

Berikut tadi adalah langkah melakukan teknik belajar Richard Feynman, Semoga bermanfaat!