Country Head Modalku Arthur Adisusanto, Sustainability and ESG Lead Modalku Annette Aprilana, dan AVP Brand and Communications Modalku Errik Jaya Tirta dalam media gathering di Jakarta, Selasa, 16 Mei 2023.
Industri

TKB90 di Level 95,44 Persen, Inilah 3 Cara Modalku Pertahankan Kualitas Pinjaman

  • Tercatat sebagai salah satu penyedia jasa fintech lending dengan penyaluran pinjaman terbesar, Grup Modalku mengusung tiga cara untuk mempertahankan kualitas pinjaman.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Sejak berdiri hingga April 2023, Grup Modalku telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp48 triliun melalui lebih dari 5,1 juta transaksi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Pinjaman tersebut disalurkan oleh Grup Modalku di lima negara, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Vietnam.

Tercatat sebagai salah satu penyedia jasa fintech lending dengan penyaluran pinjaman terbesar, Grup Modalku mengusung tiga cara untuk mempertahankan kualitas pinjaman.

Country Head Modalku Arthur Adisusanto mengatakan, beberapa waktu lalu tingkat keberhasilan bayar dalam jangka waktu 90 hari (TKB90) dari Modalku sempat berada di bawah level 95%.

Namun, menurut pantauan Selasa, 16 Mei 2023 pukul 18.15 WIB, TKB90 Grup Modalku berada di level 95,44%. Dengan kata lain, rasio pinjaman bermasalah (nonperforming loan/NPL) Modalku berada di level 4,56%.

Arthur menyampaikan bahwa ada tiga cara yang diterapkan oleh Modalku untuk mempertahankan kualitas pinjaman.

Dikatakan olehnya, tiga cara tersebut adalah dengan melakukan penagihan, restrukturisasi, dan asuransi.

Dalam melakukan penagihan kepada peminjam (borrower) yang memperoleh dana dari pemberi pinjaman (lender), Modalku menggunakan jasa outsourcing demi kelancaran pinjaman yang telah disalurkan.

Kemudian, Arthur pun mengatakan bahwa pihaknya membuka kesempatan restrukturisasi bagi peminjam yang mengalami permasalahan dalam melunasi pinjamannya.

Lalu, beberapa produk pendanaan dari Modalku sendiri dikatakan Arthur sudah diasuransikan untuk memitigasi risiko dari pinjaman yang bermasalah.

"Jadi, tiga jurus jitu, penagihan, restrukturisasi, dan asuransi, kami gunakan untuk menjaga TKB90 kami," ujar Arthur dalam media gathering di Jakarta, Selasa, 16 Mei 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Arthur menjelaskan bahwa Modalku terus berupaya untuk meningkatkan profitabilitas bisnis yang berkelanjutan.

Modalku melihat bahwa dukungan terhadap UMKM harus tetap diimbangi dengan profitabilitas dari grup agar bisnis dapat terus berjalan secara berkelanjutan.

"Ke depannya, kami juga lebih optimis untuk mencatatkan pertumbuhan positif karena potensi bisnis fintech di Indonesia terus meningkat seiring dengan bertumbuhnya ekonomi dan kebutuhan pendanaan sektor UMKM," kata Arthur.