Jajaran manajemen PT Bank Mayora milik konglomerat Jogi Hendra Atmadja / Facebook @bankmayora
Korporasi

Tok! BNI Resmi jadi Pengendali Bank Mayora (MYOR)

  • PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) telah menyelesaikan pengambilalihan atas 1.198.229.838 lembar saham PT Bank Mayora pada Rabu, 18 Mei 2022.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) telah menyelesaikan pengambilalihan atas 1.198.229.838 lembar saham PT Bank Mayora pada Rabu, 18 Mei 2022. Jumlah saham itu mewakili 63,92% dari keseluruhan jumlah saham Bank Mayora.

Sekretaris Perusahaan Bank Negara Indonesia Mucharom mengatakan bahwa dengan persentase kepemilikan saham tersebut, perseroan menjadi pemegang saham pengendali Bank Mayora. Sedangkan, Negara Republik Indonesia selaku calon penerima manfaat akhir (ultimate shareholder).

Sebelumnya, perseroan menjelaskan alasan di balik akuisisi itu. Antara lain memperkuat kapabilitas digital untuk pelayanan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). 

Bermunculannya bank-bank digital dan produk digital yang dikembangkan melalui pengembangan organik oleh bank-bank di Tanah Air menawarkan berbagai kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi finansial. 

Dalam ringkasan rancangan pengambilalihan Bank Mayora yang diterbitkan Sabtu, 22 Januari 2022, dijelaskan bahwa saat ini BNI tengah melaksanakan program transformasi yang salah satu inisiasinya adalah memperkuat kapabilitas digital.

Penguatan kapabilitas digital diupayakan untuk memenuhi kebutuhan dan ekspetasi pelanggan sehingga akan membawa BNI menjadi penyedia solusi finansial terintegrasi berbasis digital dengan keunggulan internasional.

“Untuk dapat mendukung transaksi digital masyarakat dan juga sejalan dengan transformasi BNI, BNI akan membentuk suatu bank digital melalui strategi anorganik, yaitu pengambilalihan Bank Mayora yang selanjutnya akan ditransformasi menjadi bank digital,” tulis dokumen ringkasan rancangan pengambilalihan Bank Mayora yang dikutip pada Rabu, 26 Januari 2022.

Sebelum diambilalih BNI, porsi kepemilikan saham Bank Mayora yakni 80% dimiliki PT Mayora Inti Utama. Sedangkan, sekitar 20% dikempit oleh International Finance Corporation.

Melalui transaksi itu, emiten pelat merah berkode saham BBNI itu akan menggenggam 63,92% porsi kepemilikan saham Bank Mayora. Sementara itu, PT Mayora Inti Utama memegang sisanya, yakni sekitar 36,08% saham Bank Mayora.