<p>Petugas memeriksa jaringan base transceiver station (BTS) di Jakarta beberapa waktu yang lalu. Perawatan rutin tersebut dikakukan guna menjaga agar BTS bekerja optimal. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Korporasi

Tok! Edge Point Akuisisi Centratama (CENT) dari Clover Senilai Rp2,04 Triliun

  • Emiten menara PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) resmi diakuisisi oleh perusahaan asal Siangapura, EP ID Holdings Pte Ltd alias Edge Point pada Rabu, 7 Juli 2021 dengan nilai transaksi sekitar Rp2,04 triliun.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten menara PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) resmi diakuisisi oleh perusahaan asal Siangapura, EP ID Holdings Pte Ltd alias Edge Point pada Rabu, 7 Juli 2021 dengan nilai transaksi sekitar Rp2,04 triliun.

Berdasarkan surat yang ditujukan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Edge Point mengaku telah menyelesaikan pembelian atas 10.290.543.417 saham yang mewakili 33,0% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh CENT dengan harga pelaksanaan Rp198 per lembar.

“Sehingga harga total pengambilalihan saham adalah senilai Rp2.037.527.596.566,” tulis manajemen Edge Point melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis, 8 Juli 2021.

Dengan adanya transaksi tersebut, maka Edge Point memiliki 23.948.706.212 saham yang mewakili 76,8% dari seluruh saham CENT. Hal ini sekaligus mengonfirmasi pihak pembeli dalam transaksi tutup sendiri alias crossing saham di pasar negosiasi yang melibatkan Centratama pada Rabu, 7 Juli 2021.

Adapun susunan pemegang saham CENT per 31 Maret 2021 di antaranya Clover Universal Enterprise Ltd dengan porsi 47,95% dan tercatat sebagai pemegang saham pengendali. Kemudian, Edge Point mengempit 43,80% saham CENT, dan sisanya sebanyak 8,25% tersebar di publik.

“Sebelum Pengambilalihan, Edge Point adalah pemegang saham utama CENT,” tambah manajemen.

Edge Point juga menyampaikan tujuan dari pengambilalihan ini antara lain untuk menambahkan investasinya di CENT sebagai bagian dari perluasan bisnis ke Indonesia. Hal ini sejalan dengan strategi perusahaan untuk melakukan investasi pada penyelenggara menara telekomunikasi dan infrastruktur.

Rumor pengambilalihan saham CENT ini sebenarnya telah berhembus sejak September tahun lalu, ketika Digital Colony yang merupakan induk Edge Point dikabarkan tengah melakukan pembicaraan serius dengan Northstar Advisors Pte, induk Clover Universal Enterprise terkait rencana akuisisi.

Namun, rumor itu teralihkan ketika pelaku pasar dikejutkan dengan aksi Edge Point yang memborong 4.200 menara PT Indosat Tbk (ISAT) pada akhir Maret 2021. Dalam transaksi itu, PT EPID Menara AssetCo alias Edge Point Indonesia menyerahkan mahar hingga Rp10,86 triliun kepada ISAT. (LRD)