<p>Dompet digital OVO. / Facebook @OVOIDN</p>
Fintech

Tokopedia dan Lippo Hengkang, Bagaimana Nasib Bisnis OVO ke Depan?

  • Penjualan Saham Tokopedia dan Lippo Dinilai Makin Menyulitkan OVO
Fintech
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA — Dilepasnya 36,1% saham Tokopedia di PT Bumi Cakrawala Perkasa, penerbit dompet digital dengan brand OVO, dinilai bakal berdampak buruk terhadap bisnis perusahaan pembayaran digital tersebut. 

Pasalnya, sejak menjalin kerja sama bisnis dengan Tokopedia, mayoritas transaksi OVO berasal dari aktivitas jual beli di e-commerce terbesar di Indonesia tersebut.

Direktur Eksekutif ICT Institute dan Pengamat Ekonomi Digital Heru Sutadi mengatakan keluarnya Tokopedia pasti akan berdampak pada bisnis OVO. Persaingan OVO di industri digital tentunya akan menjadi lebih berat dan tidak mudah.

"Apalagi Tokopedia sudah membangun kolaborasi bisnis yang sangat strategis dengan Gojek, sehingga posisi GoPay sebagai alat pembayaran akan menjadi lebih berkembang dan kuat di Tokopedia,” ujar , Rabu (6/10).

Perusahaan venture building berbasis di Singapura, Momentum Works, dalam laporan terbarunya bertajuk 'Momentum Works Blooming Ecommerce in Indonesia' memproyeksikan nilai transaksi bruto atau gross merchandise value (GMV) di Tokopedia sepanjang 2020 mencapai sebesar US$14 miliar atau lebih dari Rp200 triliun (asumsi kurs Rp14.300 per dolar Amerika Serikat).

Dengan keluarnya Tokopedia dari OVO, maka pangsa transaksi digital di Tokopedia yang sebelumnya masuk ke OVO akan beralih ke GoPay. Hilangnya kesempatan ini dinilai akan berdampak negatif terhadap valuasi OVO dan menjadi tantangan pada prospek bisnisnya.

Setelah adanya kombinasi bisnis antara Gojek dan Tokopedia yang membentuk GoTo, Tokopedia memang harus melepas kepemilikannya sahamnya di OVO. Hal ini terkait dengan regulasi dari Bank Indonesia (BI) yang melarang adanya kepemilikan atau controlling interest di lebih dari satu perusahaan jasa pembayaran.

Grab Holdings Kuasai 90% Saham

Saham Tokopedia di OVO dikabarkan telah diambil alih oleh Grab Holdings yang sebelumnya telah menguasai 39,2% saham. Selain Tokopedia, seperti dikutip dari Reuters, grup Lippo yang sejak awal mendukung kelahiran OVO di Indonesia juga melepas kepemilikan sahamnya. Sehingga pascatransaksi ini, sebanyak 90% saham OVO akan dikuasai Grab Holdings.  

Sebagai informasi, sesuai peraturan Bank Indonesia, perusahaan asing hanya boleh memiliki maksimal 85% kepemilikan di perusahaan jasa pembayaran. OVO dan Grab harus mencari pihak yang mau membeli saham OVO guna mematuhi peraturan. 

Sementara, hengkangnya grup Lippo dan Tokopedia menciptakan tantangan bagi OVO untuk mencari mitra lokal lainnya yang idealnya memiliki ekosistem digital sehingga dapat mendorong bisnis pembayarannya.

“Kami menyambut komitmen besar dari Grab untuk OVO. Kami sedang dalam konsultasi dengan regulator untuk menyelesaikan proses restrukturisasi kepemilikan," jelas perwakilan OVO.

Head of Corporate Communications OVO Harumi Supit mengatakan bahwa OVO akan tetap hadir di ekosistem Tokopedia sebagai salah satu metode pembayaran. Layanan tetap berlangsung seperti biasa. 

“Barangkali ada kebutuhan belanja di Tokopedia, tetap dapat menggunakan OVO,” ujar Harumi Senin, 4 Oktober 2021.

Hal senada diungkapkan Nailul Huda, Peneliti Ekonomi Digital Indef. Menurut Nailul, meskipun OVO akan tetap tersedia sebagai pilihan alat pembayaran di Tokopedia, namun situasinya akan menjadi sangat berbeda. Sebab bergabungnya Tokopedia dengan Gojek akan membuat pembayaran Tokopedia akan lebih menonjolkan GoPay dibandingkan dengan OVO.

Jika ingin bersaing dengan GoPay, tentunya OVO harus berani memberikan penawaran menarik, seperti diskon besar dan lainnya. Masalahnya, strategi bakar uang seperti itu sudah mulai ditinggalkan dan tidak menjamin sustainability bisnis OVO dalam jangka panjang.

“Terlebih GoPay dengan adanya GTF (GoTo Finansial) akan semakin bagus dalam pelayanan kepada konsumen. Mereka mempunyai ekosistem yang kuat juga, mulai dari payment, paylater, hingga UMKM ekosistem yang terdapat di GTF,” kata Nailul, Rabu, 6 Oktober 2021.

Dengan lebih dari 11 juta UMKM di Tokopedia, lanjut Nailul, menjadi pasar yang sangat besar. Itu sebabnya prospek bisnis GoTo menjadi semakin menarik. Termasuk meningkatkan  valuasi saham GoTo yang direncanakan bakal segera IPO. Dengan tiga pilar bisnis yaitu layanan on-demand, e-commerce dan jasa keuangan, GoTo Group memiliki value creation yang lebih baik dibandingkan kompetitor lainnya.