<p>Sumber: Digital News Asia</p>
Fintech

Tokopedia Masuk 100 Besar Peringkat Perusahaan Teknologi Asia Pasifik

  • PT. Tokopedia masuk peringkat 100 besar dalam jajaran Asia Pacific Technology Fast 500 2020 yang dipublikasikan oleh Deloitte pada Senin, 12 April 2021.
Fintech
Mochammad Ade Pamungkas

Mochammad Ade Pamungkas

Author

JAKARTA- PT Tokopedia masuk peringkat 100 besar dalam jajaran Asia Pacific Technology Fast 500 2020 yang dipublikasikan oleh Deloitte pada Senin, 12 April 2021. 

PT Tokopedia berada di peringkat 94 dari 500 perusahaan teknologi se Asia Pasifik dengan nilai pertumbuhan mencapai 608%.

Melansir dari Digital News Asia, Tokopedia menduduki peringkat 2 dari 8 perusahaan teknologi asal Asia Tenggara yang masuk dalam daftar tersebut.

Mengutip dari dokumen resminya, daftar perusahaan yang masuk dalam jajaran tersebut meliputi sektor teknologi software, hardware, media, komunikasi dan bidang teknologi terbarukan lainnya. Namun untuk masuk dalam daftar tersebut, suatu perusahaan harus memenuhi sejumlah syarat.

Syarat tersebut mengharuskan perusahaan menawarkan produk teknologi, memiliki pendapatan operasional lebih dari US$50.000 per tahun, dan menetap di Asia Pasifik paling tidak selama 3 tahun. Deloitte menetapkan peringkat tersebut bedasarkan presentase pertumbuhan pendapatan fiskal selama periode 2018-2020.

Daftar peringkat tersebut didominasi oleh perusahaan asal Tiongkok yang berhasil mendominasi separuh tempat dalam 10 besar selama 8 tahun.

Salah satunya perusahaan Tiongkok yang Terminus Technologies Group yang bergerak di sektor kecerdasan buatan. Terminus Technologies menduduki peringkat pertama dengan nilai pertumbuhan mencapai 17.915%.

Lebih Loyal

Dari sisi konsumen, Indonesia terbukti lebih loyal terhadap e-commerce Tokopedia. Hal tersebut terungkap dari hasil survey digital JAKPAT Special Report ecommrce 1st Semester of 2021. Dalam survey yang melibatkan 1.054 responden di 25 Provinsi itu, berdasarkan parameter Net Promotor Score (NPS), posisi Tokopedia di atas kompetitornya seperti Bukalapak, Lazada, JDID, Blibli dan juga Shopee.

Selama periode semester I-2021, angka NPS Tokopedia sebesar 49% dari 567 responden. Hal ini menggambarkan bahwa sekitar 49% pengguna e-commerce karya anak bangsa ini memberikan rekomendasi ke konsumen lainnya. Posisi kedua adalah Shopee dengan NPS 42%, Lazada 32%, Bukalapak 32% dan JD.ID dengan angka NPS yang sama yaitu 32%.

Yang menarik, sekitar 9% dari 837 responden Sophee tidak merekomendasikan untuk menggunakan platform e-commerce ini. Dengan parameter yang sama, hanya 5% responden yang tidak merekomendasikan Tokopedia.

(RCS)