Jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung diresmikan Presiden Joko Widodo
Infrastruktur

Tol Beroperasi, Bengkulu -Taba Penanjung Kini Hanya 15 Menit

  • Selain mempersingkat waktu perjalanan, jalan tol diharapkan dapat memberikan kemajuan bagi daerah yang dilintasinya sepert menumbuhkan kawasan-kawasan ekonomi baru.

Infrastruktur

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol yang menghubungkan antara Bengkulu - Taba Penanjung, Kamis 20 Juli 2023. Jalan tol sepanjang 17,6 kilometer diharapkan memberi dampak positif karena akan mempersingkat waktu perjalanan cukup signifikan.

Waktu tempuh Bengkulu-Taba Penanjung sebelumnya mencapai hampir satu jam jika melewati jalan biasa. Namun kehadiran tol membuat waktu perjalanan bisa dipangkas menjadi 15 menit, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Kamis. 

Waktu tempuh tersebut dapat dicapai karena jalan tol didesain untuk memacu kendaraan hingga kecepatan 80km/jam. Sebagai informasi, terdapat dua gerbang tol, dua simpang susun/junction, 21 bentang jembatan di tol tersebut. Ruas tol nantinya juga akan memiliki rest area atau tempat istirahat.

Keberadaan Jalan tol ruas Bengkulu - Taba Penanjung ini menjadi fasilitas tol perdana di Tanah Bunga Rafflesia, julukan Bengkulu. Jalan tol tersebut mulai dikerjakan pembangunannya sejak September tahun 2019 lali. Ruas tol ini merupakan bagian dari pembangunan jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu sepanjang 95,8 kilometer. 

Pembangunan tol tersebut dibagi menjadi 3 seksi pembangunan yang meliputi seksi 1 Lubuk Linggau – Kepahiang, seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung, dan seksi 3 Bengkulu - Taba Penanjung. Jalan tol ini menjadi bagian dari  Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang membentang dari Lampung hingga Aceh, dilansir dari laman Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR.

Kawasan Ekonomi Baru

Jalan tol Bengkulu - Taba Penanjung bakal dikelola Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya. Keberadaan fasilitas jalan tol ini diharapkan dapat memberikan kemajuan bagi daerah yang dilintasinya sepert menumbuhkan kawasan-kawasan ekonomi baru.

Selain itu keberadaan tol diharapkan meningkatkan kunjungan pariwisata dan konektivitas perekonomian di Bengkulu lewat integrasi dengan Pelabuhan Baai. Sebagai jalan tol pertama di daerah tersebut, tol Taba Bengkulu - Penanjung ini juga mendukung akses menuju Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu. 

Waktu tempuh menuju bandara tersebut dapat dicapai selama 10 menit saja melalui Gerbang Tol (GT) Bengkulu. Hal ini dapat meningkatkan efektifitas bagi masyarakat di kawasan tersebut karena tidak perlu untuk membuang waktu lama di jalan.