Nasional

Tol Cibitung – Cilincing Segera Tersambung dengan JORR 2, Berikut Daftar Ruasnya

  • Jalan Tol Cibitung – Cilincing juga menghubungkan kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok.
Nasional
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - Jalan Tol Cibitung – Cilincing yang segera beroperasi akan menghubungkan kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Jalan tol ini akan terkoneksi dengan jaringan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) lainnya. 

“Sehingga nantinya akan memberikan dukungan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing,” ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit, dikutip Rabu, 18 Januari 2023.

Jalan Tol Cibitung - Cilincing memiliki 4 seksi dengan total panjang keseluruhan mencapai 34,76 kilometer (km). Saat ini, Tol Cibitung - Cilincing telah beroperasi sebanyak 3 Seksi yakni Seksi 1 ruas SS Cibitung – Telaga Asih sepanjang 3,03 km, sudah beroperasi sepanjang 2,65 km sejak 2021. Selanjutnya Seksi 2 dan 3 Telaga Asih - Tarumajaya sepanjang 24,45 telah diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Kemudian, untuk Seksi 4 ruas Tarumajaya - Cilincing (7,52 km) sedang dalam tahap akhir penyelesaian konstruksi yakni telah mencapai progres sebesar 98%.

Jalan Tol Cibitung - Cilincing nantinya akan memiliki rest area dan logistik hub (kegiatan logistik) yang di dalamnya selain terdapat fasilitas lengkap seperti  pergudangan kontainer, bengkel kontainer, pencucian kontainer, modern warehouse, serta parkir kendaraan mobil dan truk.

Jalan Tol Cibitung - Cilincing yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways ini dibangun dengan biaya investasi sebesar Rp12,91 triliun. Tol ini nantinya juga akan terhubung langsung dengan Jalan Tol Jakarta – Cikampek dan mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan yang menuju wilayah Bekasi dan sekitarnya.

Adapun jaringan Jalan Tol JORR 2 lainnya yang terhubung dengan Jalan Tol Cibitung - Cilincing yakni sebagai berikut.

  1. Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran (14 km) sudah beroperasi
  2. Jalan Tol Kunciran - Serpong (11 km) sudah beroperasi
  3. Jalan Tol Serpong - Cinere (10,14 km) sudah selesai konstruksi seluruhnya dan siap dioperasikan.
  4. Jalan Tol Cinere - Jagorawi (14,6 km) yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian konstruksi Seksi 3A & 3B (Kukusan - Limo)
  5. Jalan Tol Cimanggis - Cibitung (26,18 km) yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian konstruksi Seksi 2A & 2B (Jatikarya - Cibitung).