<p>Jalan Tol Depok-Antasari Seksi II (Desari) diresmikan pada Jumat, 3 Juli 2020. / Pu.go.id</p>
Nasional

Tol Desari Bakal Tersambung Hingga Bogor Januari 2021

  • Menteri PUPR mengatakan Jalan Tol Desari rencananya akan terus dilanjutkan pembangunannya sampai Salabenda, Kabupaten Bogor, sepanjang 6,5 kilometer. Tol Desari ditargetkan akan tersambung dengan Tol BORR.

Nasional
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA – Pemerintah menargetkan ruas Tol Depok-Antasari (Desari) yang baru diresmikan akan tersambung dengan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Salabenda.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap diresmikannya Tol Desari dapat mengurangi beban arus lalu lintas Tol Jagorawi.

“Jalan tol ini sejajar dengan Tol Jagorawi sehingga nanti kalau jalan tol ini tersambung sampai di Bogor, maka sekitar sepertiga arus lalu lintas di Jagorawi akan pindah ke sini terutama bagi pengendara yang melintasi Kebayoran-Pasar Minggu menuju Bogor,” kata Basuki dalam keterangan tertulis, Minggu, 5 Juli 2020.

Menteri PUPR mengatakan Jalan Tol Desari rencananya akan terus dilanjutkan pembangunannya sampai Salabenda, Kabupaten Bogor, sepanjang 6,5 kilometer. Tol Desari ditargetkan akan tersambung dengan Tol BORR.

Nantinya, apabila telah rampung Tol Desari akan mengurangi beban lalu lintas Tol Jagorawi. Di samping itu, Tol Desari juga dapat mempercepat waktu tempuh penduduk di Selatan Jakarta menuju Bogor.

Kurangi Beban Jagorawi

Kementerian PUPR bersama investor jalan tol telah merampungkan pembangunan Tol Desari seksi II Brigif-Sawangan. Ruas tol ini juga sudah dibuka untuk umum pada Jumat, 3 Juli 2020.

Tol Desari Seksi II merupakan bagian dari Tol Desari Seksi 1 Antasari-Brigif yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 27 September 2018.

Tol ini memiliki keseluruhan panjang 21,6 kilometer. Terbagi ke dalam tiga seksi, yakni Seksi I Antasari-Brigif 5,8 kilometer, Seksi II Brigif-Sawangan 6,3 kilometer, dan Seksi III Sawangan-Bojong Gede sepanjang 9,5 kilometer yang ditargetkan beroperasi pada Januari 2021.

Tol Desari merupakan jawaban akan kebutuhan masyarakat terhadap sistem transportasi regional berskala metropolitan Jabodetabek yang cepat dan nyaman. Diharapkan dengan beroperasinya tol yang menjadi penghubung Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dengan JORR II dapat memecahkan masalah kemacetan lalu lintas yang menghubungkan Jakarta dengan kota sekitarnya seperti Depok dan Bogor.

Pengusahaan Jalan Tol Desari dilaksanakan oleh PT Citra Waspphutowa yang merupakan anak usaha PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP) dengan saham mayoritas dimiliki CMNP sebesar 62,5%, PT Waskita Toll Road 25%, dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. 12,5%. (SKO)