Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat, Basuki Hadimuljono (kedua dari kanan) bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meninjau proyek Tol Solo-Jogja di Klaten, Senin 27 Februari 2023.
Nasional

Tol Solo-Jogja Dibuka Mulai Lebaran 2023, Masih Gratis!

  • Pembukaan jalur tersebut diharapkan mampu memecah kemacetan yang sering terjadi di Kartasura selama Lebaran.
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Pemerintah menargetkan Tol Solo-Jogja dapat mulai beroperasi pada masa mudik Lebaran 2023. Jalur yang dapat dilalui yakni seksi 1 sepanjang 6 kilometer (km) yang membentang dari interchange Kartasura, Sukoharjo, ke arah Klaten. 

Pembukaan jalur tersebut diharapkan mampu memecah kemacetan yang sering terjadi di Kartasura selama Lebaran. Penggunaan tol masih gratis karena belum resmi beroperasi. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan Tol Solo-Jogja-NYIA Kulonprogo merupakan proyek super prioritas untuk mengurai kemacetan di Jawa Tengah dan Jogja. 

Proyek strategis nasional (PSN) tersebit juga diharapkan meningkatkan konektivitas kawasan segitiga emas Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang). “Tol ini sangat ditunggu masyarakat karena lebih dari 25.000 kendaraan lewat Solo-Jogja setiap harinya. Sudah crowded, bahkan di periode tertentu sangat macet,” ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, dikutip TrenAsia, Selasa 28 Februari 2023.

Menteri Basuki mengatakan pengoperasian Tol Solo-Jogja bakal dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama, pihaknya menargetkan seksi 1 tepatnya sekitar 6 km dari interchange Kartasura ke arah Klaten dapat beroperasi sebagai jalur Lebaran 2023. 

Sebagai informasi, total ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km. Basuki mengatakan pembukaan jalan tersebut dapat mengurai kemacetan yang sering terjadi di Kartasura selama Lebaran. “Pembebasan lahan sampai Klaten sudah 94,06%, akan diselesaikan pada akhir triwulan pertama 2023. Segera kami tuntaskan supaya lalu lintas lebih lancar,” ucap Basuki.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengatakan total investasi untuk Jalan Tol Solo-Jogja-NYIA Kulonprogo sebesar Rp27,48 triliun. Adapun biaya pembebasan lahan mencapai Rp5,902 triliun yang bersumber dari APBN. Tol Solo-Jogja-NYIA Kulonprogo sendiri memiliki panjang total 91,93 km. “Masyarakat yang tanahnya dibebaskan mendapat ganti untung sesuai hasil negosiasi sehingga masyarakat tetap mendapatkan keuntungan. Harapannya berdampak bagi perekonomian masyarakat di wilayah tersebut,” pungkas Sri Mulyani.