<p>Jalan Tol Cinere-Serpong dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap beroperasi / Dok. Jasa Marga</p>
Nasional

Tol Terpanjang di Indonesia Gedebage-Cilacap Dipercepat Pembangunannya

  • Pemerintah menetapkan empat infrastruktur prioritas yang akan dilakukan percepatan pembangunannya di Jawa Barat. Salah satu proyek prioritas itu yakni pembangunan Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap yang akan menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia.
Nasional
Muhammad Heriyanto

Muhammad Heriyanto

Author

JAKARTA - Pemerintah menetapkan empat infrastruktur prioritas yang akan dilakukan percepatan pembangunannya di Jawa Barat. Salah satu proyek prioritas itu yakni pembangunan Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap yang akan menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga selaku Ketua Komite Percepatan Pembangunan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Airlangga Hartarto mengatakan proyek ruas jalan tol terpanjang di Indonesia ini harus dapat dipercepat penyelesaian konstruksinya terutama pada ruas Gedebage-Tasikmalaya pada tahun 2024.

 “Untuk mempercepat penyelesaian konstruksi terutama pada ruas Gedebage-Tasikmalaya dahulu pada tahun 2024,” ujar Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya, dikutip Jumat, 13 Mei 2022.

Airlangga menyampaikan pembangunan ruas tol ini diharapkan meningkatkan aksesibilitas dan mengurai kemacetan jalur selatan Jawa serta sebagai upaya percepatan pertumbuhan ekonomi khususnya di Jawa Barat bagian selatan.

Menurutnya, pemerintah provinsi Jawa Barat perlu berkomitmen dalam memenuhi readiness criteria dalam proyek ini. Dia juga mengingatkan pentingnya dukungan penyediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan kesiapan lahan serta perizinan.

“Perlu ada kepastian bahwa ketersediaan lahan dan proses perizinan akan dapat diselesaikan sebelum tahun 2024,” ujar Airlangga.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambut baik percepatan proyek ini. Dengan proyek ini, diharapkan akan mampu mendongkrak perekonomian dan memberikan tambahan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat sebesar 2 - 4%.

Proyek infrastruktur prioritas yang tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2021 meliputi pembangunan akses Jalan Tol Cipali-Patimban untuk memudahkan akses logistik Pelabuhan Patimban dan mendukung kawasan Rebana, pembangunan Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi khususnya di Jawa Barat bagian selatan.

Selanjutnya, pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing untuk memudahkan akses logistik dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Priok dan pengembangan pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) Legok Nangka sebagai salah satu upaya percepatan mencapai Net Zero Emission.