<p>Tol Bali Mandara dibangun di atas laut. / Bpjt.pu.go.id </p>
Industri

Tol Trans Jawa Bakal Dilanjutkan Hingga Bali

  • JAKARTA – Pembangunan ruas jalan Tol Trans Jawa yang membentang dari barat ke timur akan dilanjutkan hingga ke Bali. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan rencana itu segera direalisasikan untuk memperlancar jalur logistik antar kedua pulau. “Kami akan melanjutkan ruas jalan tol ini hingga ke Pulau Bali,” ujar Basuki dalam pertemuan […]

Industri
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA – Pembangunan ruas jalan Tol Trans Jawa yang membentang dari barat ke timur akan dilanjutkan hingga ke Bali.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan rencana itu segera direalisasikan untuk memperlancar jalur logistik antar kedua pulau.

“Kami akan melanjutkan ruas jalan tol ini hingga ke Pulau Bali,” ujar Basuki dalam pertemuan daring Forum Bisnis Konstruksi Indonesia-Turki di Jakarta, Selasa, 23 Juni 2020.

Menurut Basuki, jalan Tol Trans Jawa dengan total panjang 1.350 kilometer baru saja tersambung dan dioperasikan pada 2019. Ruas tol ini menghubungkan ujung barat hingga ujung timur Jawa.

Potensi investasi di Tol Trans Jawa dipaparkan di hadapan sejumlah pengusaha, kontraktor, dan investor asal Turki. Selain potensi investasi Tol Trans Jawa, Basuki juga menjelaskan Tol Trans Sumatra, pembangunan bendungan, dan proyek infrastruktur lainnya.

Menteri PUPR mengatakan 12 proyek tol lainnya telah disiapkan dan segera memasuki prakualifikasi lelang pada Juni-Juli 2020. Selain itu, PUPR juga berencana melelang proyek sistem transaksi tol nontunai berbasis multi lane free flow (MLFF) di jalan tol.

Total investasi 12 proyek tol sepanjang 669 kilometer ditaksir mencapai Rp242 triliun. Proyek tol yang siap dilelang antara lain Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Jalan Akses Patimban, Yogyakarya-Bawen, Solo-Yogyakarta-Bandara Kulonprogo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA), dan Harbour Toll Road Semarang

Pemerintah akan meresmikan 15 ruas jalan tol sepanjang 297 kilometer tahun ini. Lima ruas tol di antaranya bakal diresmikan pada Juni-Juli 2020.

Lima dari 15 ruas tol tersebut sudah siap diresmikan pada Juni-Juli tahun ini. Kelima ruas tol tersebut yakni Banda Aceh Seksi IV Indrapuri-Blangbintang sepanjang 14 kilometer, Pekanbaru-Kandis-Dumai Seksi I-VI sepanjang 131 kilometer, Depok-Antasari Seksi II sepanjang 6 kilometer.

Kemudian, ruas tol Cimanggis-Cibitung Seksi IA sepanjang 3 kilometer. Terakhir ruas tol Manado-Bitung Seksi I dan Seksi IIA sepanjang 21 kilometer. (SKO)