Hutama Karya
BUMN

Tol Trans Sumatera Tahap I Ditarget Rampung Tahun Ini

  • PT Hutama Karya (Persero) menargetkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) l tahap I sepanjang 972 km akan selesai pertengahan tahun ini
BUMN
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) l tahap I sepanjang 972 km akan selesai tahun ini. 

Terdekat, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, mengatakan 5 ruas JTTS Tahap I sepanjang 196 km dapat selesai pada semester I-2024, dan terbitnya 9 Sertifikat Laik Operasi (SLO). 

"Progres dari masing-masing ruas secara umum sudah sangat signifikan, kita harapkan JTTS dapat berdampak terhadap perekonomian nasional,” ujar Tjahjo dikutip dari keterangan resmi, Selasa 6 Ferbruari 2024.

Baca Juga: Berikut Rincian Tarif Tol Indralaya - Prabumulih

Tjahjo juga menjelaskan untuk mengakselerasi pembangunan JTTS, Hutama Karya mengapresiasi dukungan Pemerintah atas Penyertaan Modal Negara (PMN) 2024 sebesar Rp18,6 triliun yang di dalamnya termasuk anggaran  penyelesaian sejumlah ruas JTTS Tahap I. 

Sebagaimana diketahui, dana PMN tersebut termasuk untuk membenahi keuangan PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dalam pembangunan Tol Trans Sumatera.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjabarkan, Rp12,5 triliun dari dana PMN Hutama Karya dialokasikan untuk membantu persoalan Waskita.

"Untuk yang HK yang Rp18,6 triliun ini sebenarnya terpecah 2, ini ada porsi yang nantinya untuk membantu tol yang diselesaikan oleh waskita itu Rp12,5 triliun, itu nanti kita gunakan untuk penyelesaian juga permasalahan di Waskita," ujarnya di Komisi VI Jakarta, (14/9).

Sementara, PMN yang murni untuk Hutama Karya sebesar Rp 6,1 triliun. "Untuk HK yang murni itu Rp 6,1 triliun itu untuk penyelesaian beberapa ruas di tol Trans Sumatra yang kita harapkan selesai di 2024," sebutnya.