<p>CEO AirAsia Group Tony Fernandes / AirAsia.com</p>
Industri

Tony Fernandes Resign dari CEO AirAsia X

  • Tony Fernandes mengundurkan diri dari posisi CEO AirAsia X Bhd (AAX). Diketahui Fernandes baru menduduki kembali jabatan itu setelah ditunjuk sebagai CEO pada Juli 2022.
Industri
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Tony Fernandes mengundurkan diri dari posisi CEO AirAsia X Bhd (AAX). Diketahui Fernandes baru menduduki kembali jabatan itu setelah ditunjuk sebagai CEO pada Juli 2022.

Melansir dari Freemalaysiatoday, Fernandes mengundurkan diri dengan alasan adanya komitmen lain. Namun, belum dijelaskan secara detail komitmen apa yang dimaksud.

Dalam sebuah pernyataan yang sama, AirAsia menyebutkan bahwa Mahmood Fawzy akan ditunjuk sebagai direktur non eksekutif independen Thai AirAsia X (Thai AAX).

"Dia akan mengawasi arah strategis dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan untuk jarak menengah AAX dan AAX Thailand," dilansir media tersebut pada Rabu 2 November 2022

Sebelumnya Fernandes, telah menyelesaikan mandatnya untuk memulai kembali AirAsia X yaitu dengan rencana pengadaan sebanyak 20 pesawat untuk grup, 13 untuk AAX dan 7 untuk AAX Thailand.

Lebih lanjut Fernandes mengatakan, grup maskapai tersebut telah memperbaiki struktur biaya dan menciptakan bisnis kargo yang telah berkontribusi sekitar 20% terhadap pendapatan maskapai selama pandemi dan akan terus memainkan peran penting dalam pemulihan AAX.

"Saya sekarang akan fokus untuk memberikan nilai yang signifikan kepada pemegang saham Capital A, termasuk AirAsia Aviation Group, layanan penerbangan, logistik, perjalanan, fintech, dan platform gaya hidup e-commerce,” tandasnya.