Nasional

Top! 1.000 Warteg Jabodetabek Gratiskan Makanan

  • TANGERANG SELATAN – Setelah Aksi Cepat Tanggap (ACT) meresmikan Posko Nasional Bersama Lawan Corona dan merilis program “Operasi Pangan Gratis”, ACT kembali merilis program baru “Operasi Makan Gratis” bersama 1.000 Warteg di wilayah Jabodetabek untuk menyajikan bantuan makanan gratis setiap hari. Aksi ini menjadi titik temu permasalahan pendapatan para pemilik warteg dan kebutuhan makan para […]

Nasional
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

TANGERANG SELATAN – Setelah Aksi Cepat Tanggap (ACT) meresmikan Posko Nasional Bersama Lawan Corona dan merilis program “Operasi Pangan Gratis”, ACT kembali merilis program baru “Operasi Makan Gratis” bersama 1.000 Warteg di wilayah Jabodetabek untuk menyajikan bantuan makanan gratis setiap hari.

Aksi ini menjadi titik temu permasalahan pendapatan para pemilik warteg dan kebutuhan makan para tenaga harian yang mengalami dampak paling besar secara ekonomi dalam wabah ini.

“Warteg adalah sumber logistik dari kalangan yang berpenghasilan, sejak zaman VOC. Perjuangan para pengusaha cukup menantang untuk kondisi wabah seperti saat ini,” ungkap Ketua Koordinator Warteg Nusantara (Kowantara), Mukroni, Jumat 27 Maret 2020.

Ia mengatakan saat ini masyarakat memerlukan support terhadap kebutuhan pangan. Kolaborasi dengan 1000 warteg ini bukan hanya bermanfaat untuk masyarakat prasejahtera yang akan diberi makan gratis tetapi juga membantu mempertahankan eksistensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) warteg ini.

Ahyudin selaku Ketua Dewan Pembina ACT menyampaikan, “Inilah cara kita untuk meyakinkan masyarakat bahwa musibah ini juga menjadi cara untuk memasifkan kebaikan di tengah-tengah wabah. Selain operasi makan gratis, kami juga akan menjalankan program beras gratis untuk warga prasejahtera dengan jumlah target sebanyak 100.000 KK.”

Melalui laman indonesiadermawan.id dan 46 cabang ACT memberikan kesempatan untuk para dermawan untuk saling membantu. Hingga kini, tim ACT telah mengadakan aksi medis mulai dari edukasi, pembagian alat kesehatan, hingga operasi pangan gratis untuk meminimalisasi permasalahan wabah virus corona.