Honor
Hiburan

Top! Honor of Kings dari Tencent Jadi Game dengan Pendapatan Tertinggi pada 2023

  • Perusahaan konglomerasi teknologi asal China ini berhasil menghasilkan sekitar US$1,48 miliar atau setara Rp22,2 kuadriliun (kurs Rp15.000) melalui Honor of Kings.
Hiburan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Sepanjang tahun 2023, game seluler Honor of Kings dari Tencent Holdings Ltd berhasil meraih predikat sebagai game dengan pendapatan tertinggi. 

Dikutip TrenAsia.com dari laman Technode pada Jum’at, 5 Januari 2023, laporan dari firma intelijen pasar AppMagic menyebutkan perusahaan konglomerasi teknologi asal China ini berhasil menghasilkan sekitar US$1,48 miliar atau setara Rp22,2 kuadriliun (kurs Rp15.000) melalui Honor of Kings. 

Prestasi ini berhasil melampaui capaian game battle royale PUBG Mobile yang menempati peringkat kedua dengan pendapatan lebih dari US$300 juta atau sekitar Rp4,5 triliun. 

Selain Honor of Kings dan PUBG Mobile, Candy Crush Saga, Genshin Impact, dan Roblox juga masuk dalam lima besar game dengan pendapatan global masing-masing sebesar US$957 juta (Rp14,35 triliun), US$944 juta (Rp14,16 triliun), dan US$869 juta (Rp13,03 triliun)

Selain deretan game di atas, Honkai: Star Rail dari HoYoverse juga berhasil mencapai posisi kedelapan dengan pendapatan sebesar US$659,1 juta setara Rp9,9 triliun. Sementara itu, Justice Online dari NetEase mencatatkan pendapatan sebesar US$358,2 juta setara Rp5,4 triliun menempati peringkat ke-18.

Kesuksesan Honor of Kings sebagai game seluler dengan pendapatan tertinggi menunjukkan daya tarik yang besar pada game arena pertempuran online multipemain. 

Perkembangan ini juga menegaskan dominasi Tencent di industri game seluler, dengan beberapa gamenya yang  berhasil menduduki peringkat tinggi dalam daftar pendapatan global.

Peran pengembang Tiongkok seperti HoYoverse dan NetEase juga semakin menonjol, menambah keberagaman pasar game seluler.

Untuk diketahui, Honor of Kings telah mengadakan berbagai acara dan turnamen, menciptakan komunitas yang besar di seluruh dunia.

Honor of Kings juga dikenal dengan beberapa nama lain di berbagai wilayah, seperti "Arena of Valor" di pasar internasional.