<p>Sejumlah petugas tengah melakukan pelaksanaan tes acak genose bagi pedagang,pengujung dan petugas pasar yang berlangsung di Pasar Anyar Kota Tangerang Senin 24 Mei 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Nasional

Top! KAI Tambah Layanan Tes GeNose C19 di Dua Stasiun Baru

  • PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah layanan pemeriksaan GeNose C19 di dua stasiun baru. KAI menambah layanan tes COVID-19 tersebut di Statsiun Cilacap, Purwokerto dan Stasiun Mambang Muda, Sumatera Utara.

Nasional
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah layanan pemeriksaan GeNose C19 di dua stasiun baru. KAI menambah layanan tes COVID-19 tersebut di Statsiun Cilacap, Purwokerto dan Stasiun Mambang Muda, Sumatera Utara.

Secara keseluruhan, layanan tes GeNose C19 sudah tersedia di 65 stasiun per 21 Juni 2021. Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan penambahan layanan tes GeNose merupakan langkah perseroan memperluas jangkauan pencegahan virus COVID-19.

“KAI berkomitmen untuk terus menambah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19. Hal ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan Kereta Api Jarak Jauh pada masa pandemi Covid-19,” kata Joni dalam keterangan tertulis, Kamis, 24 Juni 2021.

Seperti diketahui, hasil pemeriksaan GeNose C19 merupakan syarat perjalanan yang diterapkan oleh KAI. Adapun hasil tes GeNose paling lama berlaku 1×24 jam sebelum keberangkatan kereta.

Selain itu, syarat perjalanan yang diakui berupa hasil pemeriksaan negatif COVID-19 tes PCR atau Rapid Tes Antigen yang berlaku 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Joni menjelaskan untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Pelanggan disarankan untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19 pada H-1 atau tidak terlalu dekat dengan jadwal keberangkatan kereta api untuk menghindari potensi antrean dan kepadatan pada lokasi pemeriksaan di stasiun.

“KAI juga akan melakukan pengawasan dengan ketat terhadap penerapan protokol kesehatan baik di stasiun maupun selama dalam perjalanan dengan tujuan untuk menghentikan penyebaran Covid-19 di kereta api,” ujar Joni

Selain penambahan fasilitas GeNose C19 di Stasiun Cilacap, KAI mengungkap rencana peluncuran kerta Nusa Tembini Cilacap-Yogyakarta (PP) mulai 2 Juli 2021. Pada tahap awal, kereta Nusatembini beroperasi pada 2, 4, 9, dan 11 Juli 2021.

KAI juga akan meluncurkan kereta Baturraden Ekspres Bandung – Purwokerto (PP) via Cikampek pada 25 Juni 2021. Pada tahap awal, Kereta Api ini akan dioperasikan pada 25 & 27 Juni serta 2 & 4 Juli 2021. (RCS)