<p>Karyawan beraktivitas di kantor cabang Bank Mandiri, Plaza Mandiri, Jakarta, Senin, 22 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Top! Nilai Transaksi Digital Bank Mandiri Tembus Rp70 Triliun hingga Agustus 2021

  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mencatat kenaikan nilai transaksi digital sebesar 11% menjadi Rp70 triliun.
Industri
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mencatat frekuensi transaksi digital sepanjang Januari-Agustus 2021 mencapai lebih dari 117 juta transaksi dengan nilai hampir mencapai Rp70 triliun. Angka ini meningkat sebesar 11% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/YoY).

Senior Vice President Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi mengatakan emiten bersandi BMRI tengah fokus menggenjot transaksi digital dengan memperluas kerja sama lewat mitra usaha merchant. 

“Hingga saat ini, Bank Mandiri telah menggandeng lebih dari 180.000 merchant,” jelas Thomas dalam keterangan tertulis, Kamis, 30 September 2021.

Merchant ini bisa melayani transaksi online melalui e-commerce hingga Electronic Data Capture (EDC) yang tersebar di ribuan outlet secara offline. Adapun merchant tersebut berasal dari berbagai sektor ekonomi, seperti F&B, Fashion, groceries, pariwisata, supermarket/department store, online merchant dan retail merchant lainnya. 

Thomas mengatakan ke depan perseroan akan terus memperkuat layanan transaksi digital.

“Bank Mandiri turut mendukung pengembangan usaha merchant di era pandemi melalui inovasi produk dan layanan digital serta penyediaan one-stop-solution yang memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada merchant dalam menyediakan transaksi non-tunai,” kata dia.

EDC sendiri telah diluncurkan Bank Mandiri pada Agustus 2021 dan terseedia bagi pengguna Android. Dalam layanan EDC Bank Mandiri, tersedia layanan seperti system POS (point of sales), aplikasi merchant, dan juga platform promosi dan loyalty. 

Selain itu, EDC Android juga dapat membantu merchant dalam menerima berbagai alternatif pembayaran seperti Quick Response (QR)  Payment, nirsentuh dan wearables. 

Produk bermanfaat lainnya bagi mitra merchant adalah Open Banking API melalui portal API Bank Mandiri yakni developer.bankmandiri.co.id. 

Produk ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan layanan, seperti fitur inquiry rekening, direct debit, top up emoney, serta bill payment

“Kami akan terus berinovasi dalam menyediakan produk dan layanan digital banking terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis usaha mitra merchant,” ujar Thomas.

Selain itu, pengembangan bisnis digital banking Bank Mandiri juga turut disokong oleh hadirnya aplikasi Livin’ By Mandiri. Hingga Juni 2021, pengguna Livin' By Mandiri telah mencapai 7,8 juta user atau tumbuh 45% secara year on year (yoy). Jumlah transaksi pun melejit 65% yoy dari 264,1 juta kali menjadi 434,9 juta kali.