Tol Trans Jawa adalah jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa. Jalan  tol ini membentang antara Pelabuhan Merak, Cilegon, di Provinsi Banten hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, di Provinsi Jawa Timur. Total panjang Tol Trans Jawa mencapai 1.240,84 kilometer (Km).
Nasional

Top! Ruas Baru Jalan Tol Ini Siap Beroperasi saat Lebaran 2022

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan jalan tol di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri/lebarang pada 2022.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan jalan tol di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri/lebaran pada 2022 berjalan baik. 

Persiapan yang dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan tidak kembali diberlakukannya pembatasan perjalanan selama pandemi COVID-19.

"Kesiapan jalan tol di Indonesia selalu dijaga kondisinya untuk melayani masyarakat, khususnya pada hari-hari istimewa yang menimbulkan pergerakan barang dan jasa lebih besar dari biasanya seperti Lebaran, Natal, dan Tahun Baru," tulis Manajemen Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Senin, 21 Maret 2022.

Jalan Tol yang Beroperasi

Adapun ruas jalan tol tambahan di Pulau Jawa yakni Bogor Ring Road seksi 3 Simpang Yasmin-Kayu Manis sepanjan 3 km, Cibitung-Cilincing seksi 1 Cibitung-Telaga Asih sepanjang 2,6 km, Serpong Cinere seksi 1A Cimanggis-Jatikarya 3,17 km.

Kemudian, Bekasi Cawang-Kampung Melayu seksi 1A 1,17 km, Serang-Panimbang seksi I Serang-Rangkas Bitung 26,5 km, dan Cisumdawu seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km, seksi II Pamulihan-Sumedang 17,05 km dan seksi III Sumedang-Cimalaka 4,05 km.

Selanjutnya, untuk jalan tol di Pulang Bali yang operasional yakni Jalan Tol Bali-Mandara sepanjang 10,07 km. Di Pulau Sumatra yakni Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) beroperasi sepanjang 673 km di antaranya Bakauheni-Tebanggi Besar 140 km, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kamu Agung 189 km, Kayu Agung-Palembang-Betung (Kayu Agung-SS Kramasan) sepanjang 38 km.

Lalu, ada Ruas Meda-Kualanamu-Tebing Tinggi 62 km, Belawan-Medan-Tanjung Morawa 43 km, Palembag-Indralaya sepanjang 22 km, Pekanbaru-Dumai 132 km, Medan-Binjai 18 km, Binjai-Stabat 11,8 km, Sigli-Banda Aceh-Sigli seksi 3 Jantho-Indrapuri 16 km dan seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang 14 km.

Untuk jalan tol yang operasional di Pulau Kalimantan dan Sulawesi antara lain Balikpapan-Samarinda 97,3 km, Manado-Bitung 39,8 km, Ujung Pandang/Makassar seksi 1-3 10,1 km, dan Ujung Pandang/Makassar seksi 4 sepanjang 11,6 km.

Jalan Tol yang Difungsionalkan

Ada rencana juga ruas jalan tol yang akan difungsionalkan yakni Tol Jakarta Cikampek Selatan ruas Simpang Susun (SS) Sadang-SS Kutanegara 8,6 km, on/off Ramp km 42+500 Jalan Tol Jagorawi, SS Bojong Pekalongan Jalan Tol Pemalang-Batang.