GR Corolla
Industri

Toyota Hadirkan GR Corolla di GIIAS 2023, Performa Lebih Kencang dari GR Yaris

  • Kehadiran GR Corolla melengkapi jajaran koleksi Pure Sport GR yang sebelumnya telah diperkenalkan di Indonesia dan menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menampilkan seluruh model Pure Sport GR.

Industri

Bintang Surya Laksana

JAKARTA - PT Toyota-Astra Motor (TAM), melalui divisi Toyota Gazoo Racing (GR), bikin kejutan dengan bawa GR Corolla masuk pasar Indonesia. Mobil lini terbaru ini sudah dikabarkan akan dikenalkan di pasar Indonesia lewat ajang pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Melansir Antara, GR Corolla hadir dengan mengusung tema “Untamed Energy” dan melengkapi jajaran koleksi Pure Sport GR yang sebelumnya telah diperkenalkan, seperti GR Supra, GR Yaris, dan GR86. Dengan ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menampilkan seluruh model Pure Sport GR.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, melalui keterangan resmi pada 10 Agustus 2023, menyebutkan kehadiran GR Corolla di Indonesia menunjukkan jajaran koleksi GR telah diterima dengan baik dan juga banyak diminati oleh pecinta otomotif di Indonesia terutama penggemar mobil balap milik Toyota. 

“Semangat dari GR adalah keyakinan kuat bahwa olahraga otomotif bukan hanya tentang persaingan di sirkuit balap, tetapi bagaimana menghadirkan ever-better motorsports-bred car yang otentik dan energik untuk mobilitas sehari-hari,” tambah Jimmi.

Sebagai mobil balap yang diciptakan dengan performa berkendara dan fungsionalitas untuk mendukung mobilitas penggunanya, GR Corolla disebut akan mengembalikan karakteristik Corolla sebagai mobil keluarga namun memiliki citarasa sport yang tinggi.

“Untuk fungsionalitas terbaik, GR Corolla mempertahankan layout klasik hatchback yakni lima pintu dan lima penumpang sehingga dapat dipakai untuk mobilitas sehari-hari tanpa perlu mereduksi performanya,” ujar Jimmi.

Mobil lima pintu ini mempertahankan tampilan klasik hatchback dan memiliki kap mesin, pintu belakang, dan panel pintu berbahan aluminium. Selain itu, panel atap mobil ini menggunakan Carbon Fibre Reinforced Panel (CFRP) yang ringan dan dibentuk melalui metode compound molding sehingga dapat mengurangi bobot dan menurunkan pusat gravitasi.

GR Corolla ditenagai mesin turbo G16E-GTS yang juga digunakan dalam GR Yaris. Mesin tiga silinder 1.618 cc ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada rentang 3.000 hingga 5.550 rpm. Angka itu melebihi performa GR Yaris yang hanya menghasilkan tenaga 261 PS dan torsi 360 Nm.

GR Corolla juga menggunakan sistem GR-FOUR 4WD dengan teknologi Torsen Slip Differential untuk meningkatkan pengendalian dan traksi ban. Transmisi manual 6-kecepatan iMT (Intelligent Manual Transmission) dengan short-shifter pintar memberikan pengendara merasakan perpindahan gigi yang halus dan responsif.

Ukuran GR Corolla yang lebih besar daripada GR Yaris memberikan ruang kabin yang lebih luas tanpa mengorbankan performa. Meskipun memiliki kemampuan tinggi, GR Corolla tetap bisa digunakan untuk mobilitas sehari-hari dengan kenyamanan yang terjaga.

Pihak Toyota belum mengeluarkan harga resmi GR Corolla di Indonesia. Namun di Amerika Serikat versi terendah mobil ini dibanderol dengan harga US$35.900 atau setara dengan Rp538,50 juta.