IMG_3670.jpeg
Rekomendasi

Trafik Data XL Axiata (EXCL) Meningkat 11 Persen Saat Pemilu, Bagaimana Rekomendasi Sahamnya?

  • Emiten jaringan telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) melaporkan bahwa trafik layanan data pada hari pencoblosan Pemilihan Umum 2024, tanggal 14 Februari 2024, mengalami peningkatan sebesar 11% dari kondisi normal.
Rekomendasi
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - Emiten jaringan telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) melaporkan bahwa trafik layanan data pada hari pencoblosan Pemilihan Umum 2024, tanggal 14 Februari 2024, mengalami peningkatan sebesar 11% dari kondisi normal.

"Selama pekan pemilu kemarin, jaringan XL Axiata tetap stabil dan tidak mengalami gangguan," kata Group Head Corporate Communications XL Axiata (EXCL) Reza Mirza seperti dilaporkan oleh Antara pada Jumat, 23 Februari 2024.

Reza menjelaskan bahwa XL Axiata telah mempersiapkan jaringan dengan kapasitas yang memadai untuk menghadapi lonjakan trafik selama pemilu. Ini dilakukan karena kenyamanan dan kelancaran komunikasi bagi pelanggan dan masyarakat merupakan perhatian dan prioritas utama.

Data XL Axiata menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan selama momentum Pemilu 2024. Kota/kabupaten dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi selama Pemilu 2024 adalah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, naik 21 %, Kabupaten Serang, Banten, 18%, dan Kabupaten Subang, Jawa Barat, naik 17%.

Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik layanan data tertinggi terjadi selama Pemilu 2024 di Provinsi Jawa Tengah sebesar 15% dan Provinsi Sumatera Utara dengan kenaikan hingga 13%, dan berikutnya Provinsi Jawa Barat sebesar 11%.

Dari keseluruhan trafik layanan data selama Pemilu 2024, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktivitas web browsing, disusul streaming, dan instant, messaging (IM). Untuk trafik layanan news browsing mengalami peningkatan sebesar 156% dibandingkan trafik pada hari normal.

Khusus sejumlah platform media sosial populer, kenaikan trafik tertinggi ada pada Tiktok sebesar 20% dibandingkan hari biasa, Instagram 16%, dan YouTube meningkat 9%. Sementara itu, penggunaan layanan penyampai pesan, WhatsApp naik 16%.

Untuk layanan XL SATU Fiber juga mengalami kenaikan trafik sebesar 8% jika dibandingkan dengan hari normal. "Hal ini disebabkan karena masyarakat juga banyak yang ingin memantau hasil Pemilu di rumah," kata Reza.

Rekomendasi Sahan EXCL

Sebelumnya, analis Mirae Asset Sekuritas memberikan rekomendasi trading buy untuk seluruh saham pemain utama telekomunikasi termasuk XL Axiata (EXCL) dengan target harga di level Rp2.600 per saham.

Dilaporkan bahwa emiten berkodekan EXCL mencatat laba bersih sebesar Rp1,28 triliun pada 2023, menunjukkan pertumbuhan sebesar 15% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,12 triliun. 

Peningkatan laba bersih tersebut sejalan dengan kenaikan pendapatan sebesar 11%, mencapai Rp32,32 triliun dari Rp29,14 triliun. Selain itu, EBITDA juga mengalami peningkatan sebesar 12%, mencapai Rp15,89 triliun.

Peningkatan infrastruktur digital, kualitas jaringan, dan adopsi teknologi yang relevan di semua sektor bisnis telah meningkatkan kualitas layanan dan mendorong peningkatan trafik data. Hal ini berkontribusi pada peningkatan rata-rata pendapatan per pengguna (ARPU).

Selama tahun 2023, trafik data EXCL mengalami peningkatan sebesar 21%, mencapai 9.638 Petabytes dibandingkan dengan tahun 2022. Peningkatan ini mendorong kontribusi layanan data dan digital mencapai 91% dari total pendapatan, dengan basis pelanggan berkualitas mencapai 57,5 juta.

Berdasarkan data IDX Mobile, pada perdagangan Kamis, 22 Februari 2024, hingga pukul 10.37 WIB, saham EXCL telah melaju ke level Rp2.280 per saham. Nominal tersebut menguat 2,24% dari harga pembukaannya sebesar Rp2.230 per saham.

Dengan merujuk harga saham tersebut yang dihitung berdasarkan target saham Toleh Mirae Asset Sekuritas Indonesia, para investor yang membeli saham EXCL saat ini memiliki potensi keuntungan maksimal sekitar 14,04%.