<p>Karyawan melayani nasabah di gerai BCA Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis, 22 Oktober 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Korporasi

Transaksi Kartu Kredit Tembus Rp42 Triliun, BCA Bidik Peningkatan dari E-Commerce

  • Emiten bersandi saham BBCA ini memaksimalkan volume transaksi kartu kredit dengan memperlebar sayap ke e-commerce.
Korporasi
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk mencatatkan transaksi kartu kredit per September 2021 telah menembus Rp42 triliun. Emiten bersandi saham BBCA ini memaksimalkan volume transaksi kartu kredit dengan memperlebar sayap ke e-commerce. 

Executive Vice President BCA I Ketut Alam Wangsawijaya mengatakan kartu kredit menjadi segmen bisnis yang cepat mengalami rebound  di tahun ini. Dirinya menyebut bisnis kartu kredit masih memiliki prospek yang cerah pada paruh kedua tahun ini.

“Prospek kartu kredit, tahun 2021 cukup challenging. penurunan Nilai transaksi september bergerak naik, cukup cepat rebound-nya,” ucap Alam dalam konferensi pers, Senin, 11 Oktober 2021.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, BCA menggandeng e-commerce Blibli dengan menghadirkan produk kartu kredit Blibli X BCA Mastercard anyar. “Security kartu kredit ini agak ekstra, very seamless. Dengan adanya tambahan cardless, ini value lebih dan bekerja sama dengan e-commerce sehingga benefit terintegrasi,” ungkap AVP of Group Product - Payment Nila Sukmawati dalam kesempatan yang sama.

Kartu kredit ini memiliki minimum limit Rp3 juta dan menjadikan Blibli menjadi e-commerce pertama yang punya opsi pembayaran mastercard di Indonesia. Membidik nasabah premium, Kartu kredit ini diketahui tidak memiliki limit maksimal.

Nila menyebut kolaborasi ini tercipta sebagai respon atas perubahan perilaku konsumen di masa pandemi COVID-19. “Segala kebutuhan saat ini terus mengandalkan digitalisasi, termasuk opsi pembayaran. Maka dari itu, kami terus hadirkan opsi baru ini untuk kemudahan konsumen bertransaksi,” ucap Nila.

Nila menyebut penetrasi belanja kebutuhan harian jadi segmen yang memiliki prospek cerah pada tahun ini. Nila bilang jangkauan Blibli terhadap segmen tersebut yang membuat BCA kepincut untuk mengembangkan kartu kredit baru ini.

Seperti diketahui,  Blibli telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi sekitar 51% saham milik PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC).

Melansir Bloomberg, Blibli bakal mengakuisisi sekitar 797,88 juta saham Supra Boga. Jumlah saham itu mewakili 50% dari total modal ditempatkan dan modal disetor RANC.

Dengan begitu, e-commerce milik konglomerat Hartono bersaudara ini akan menjadi pemegang saham pengendali di emiten yang mengoperasikan Ranch Market di Indonesia.