Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. / Bi.go.id</p>
Industri

Transaksi Mudah, QRIS Semakin Kuat

  • Pembayaran menggunakan media digital merupakan hal yang lazim terjadi pada saat ini.
Industri
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA- Pembayaran menggunakan media digital merupakan hal yang lazim terjadi pada saat ini.

Pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan salah satu fasilItas yang diberikan oleh bank yang sedang banyak digunakan. Karena dianggap lebih mudah dan praktis. Pembayaran ini memiliki kinerja untuk meningkatkan dan mendorong inklusi keuangan nasional.

Penggunan QRIS dapat dijangkau oleh masyarakat dengan menggunakan aplikasi mobile banking ataupun dompet digital. Aplikasi-aplikasi tersebutlah yang membantu dan membuat mudah dan nyaman saat melakukan transaksi.


Dikutip pada website resmi BNI (5/4/22), Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono mengatakan “ Ke depan, sejalan dengan upaya untuk terus mendorong pemulihan ekonomi nasional, BI terus mengharapkan dukungan perbankan untuk mencapai tambahan sebanyak 15 juta pengguna QRIS baru sekaligus meningkatkan jumlah trasaksinya di tahun 2022."


Bank Negara Indonesia (BNI) telah melakukan akuisisi tercatat merchant QRIS lebih dari 1,6 juta. Total transaksi QRIS mencapai 297 miliar tercatat per maret 2022.  PT PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk terus mencatat pembukuan pertumbuhan terkait dengan konsumsi masyarakat yang terus meningkat.


Direktur Utama BNI  juga menambahkan “ Perseroan selalu berupaya memastikan keandalan dan respons dari QRIS dalam menunjang kecepatan dan kenyamanan transaksi nasabah sehingga terus mendorong transaksi semakin kuat di masa pemulihan ekonomi tahun ini.” 

Hingga pada saat ini pengguna QRIS terus bertambah. Oleh sebab itu Bank Negara Indonesia (BNI) terus berusaha untuk meningkatkan dan memperkuat sistem dalam bertransaksi QRIS agar dapat membantu masyarakat dan mewujudkan inklusi keuangan masyarakat.