<p>Ilustrasi produk asuransi dijual lewat e-commerce Tokopedia / Tokopedia.com</p>

Transaksi Produk Asuransi di Tokopedia Meroket 20 Kali Lipat

  • Produk asuransi sendiri sudah merambah e-commerce, salah satunya Tokopedia sejak dua tahun terakhir.

Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Perusahaan e-commerce Tokopedia mencatat pertumbuhan transaksi produk asuransi lebih dari 20 kali lipat di platformnya. Produk asuransi sendiri sudah merambah e-commerce, salah satunya Tokopedia sejak dua tahun terakhir.

Senior Lead Fintech Tokopedia Marissa Dewi mengungkapkan, lonjakan ini terjadi lantaran meningkatnya antusiasme masyarakat terhadap produk asuransi. Hal ini juga membuat jumlah pengguna produk asuransi pun bertambah.

“Terlihat ada peningkatan yang signifikan dalam dua tahun terakhir ini,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa 13 Oktober 2020.

Marketplace yang didirikan oleh William Tanuwijaya ini menawarkan sejumlah produk asuransi, dari asuransi produk, asuransi tagihan, hingga asuransi perjalanan. Selain itu, ada juga proteksi gadget dan elektronik, proteksi kerusakan total, proteksi ibu dan anak, proteksi furniture, dan proteksi otomotif.

Untuk proteksi produk biasanya memberikan perlindungan atas insiden yang belum terakomodir. Misalnya perampokan, kerusakan akibat ketidaksengajaan seperti terjatuh, terkena cairan atau kebanjiran. Proteksi jenis ini berlaku hingga 12 bulan sejak pembelian

Sedangkan, proteksi tagihan memberikan fasilitas kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan perlindungan lebih ketika membayar tagihan produk digital lewat Tokopedia, seperti tagihan listrik, air, internet serta TV kabel dan lain-lain.

Premi yang ditawarkan mulai dari Rp3.000 dan pengguna dapat menerima kompensasi hingga Rp500.000 jika produk tagihan yang dibayarkan tidak dapat diakses selama minimal dua jam berturut-turut.

Tidak hanya itu, Tokopedia juga menyediakan asuransi perjalanan. Marissa bilang dengan membayarkan premi sebesar Rp5.000, pengguna akan mendapatkan perlindungan dan jaminan keselamatan pribadi dan barang bawaan selama perjalanan.

Terlebih dengan asuransi ini, katanya, pengguna akan mendapatkan asuransi atas keterlambatan perjalanan dengan menggunakan kereta api atau pesawat terbang.

“Produk asuransi di Tokopedia disertai dengan proses klaim yang sederhana dan mudah. Untuk klaim proteksi gadget, elektronik serta asuransi perjalanan pesawat dapat dilakukan secara langsung melalui aplikasi Tokopedia,” tutupnya. (SKO)