<p>Logo PT Bank BTPN Syariah Tbk / Dok. Perseroan</p>
Korporasi

Transformasi Ciptakan Ekosistem Digital, BTPN Syariah (BTPS) Bentuk Anak Usaha

  • PT BTPN Syariah Tbk (BTPS) membentuk anak usaha yaitu BTPN Syariah Venture Capital.
Korporasi
Fakhri Rezy

Fakhri Rezy

Author

JAKARTA – PT BTPN Syariah Tbk (BTPS) membentuk anak usaha yaitu BTPN Syariah Venture Capital. Hal ini bagian dari langkah-langkah transformasi agar semakin relevan untuk ciptakan ekosistem digital syariah. 

Melalui anak usaha ini, Bank akan lebih mudah berkolaborasi dengan partner-partner strategis yang memiliki semangat yang sama dalam membesarkan ekosistem digital bagi masyarakat inklusi ke depannya. 

 

Sebagai implementasinya, pendanaan perdana jatuh kepada start up platform e-commerce yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga di kota tier 3-4 di pedesaan. Para nasabah BTPN Syariah yang telah melek teknologi lebih dulu dapat mengakses kebutuhan persediaan dan menjual produk mereka. 

"Kami meyakini bahwa upaya-upaya ini juga diharapkan semakin membuka peluang lebih luas lagi dalam melayani masyarakat inklusi di pelosok Indonesia secara berkelanjutan,” ucap Direktur BTPN Syariah Arief Ismail dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis, 15 September 2022. 

Bank pun turut bertransformasi untuk menyusun program pemberdayaan yang semakin inovatif melalui Tepat Daya Platform, sebuah platform yang memberikan akses bagi nasabah untuk belajar mandiri mengenai ilmu kewirausahaan serta platform bagi siapapun yang terpanggil untuk turut serta dalam program pemberdayaan BTPN Syariah sebagai seorang kontributor atau disebut Sahabat Daya. 

Upaya ini dilakukan untuk beradaptasi terhadap kebutuhan Nasabah yang terus naik kelas. Salah satunya meningkatkan peran Mitra Tepat, Agent Banking sebagai perpanjangan tangan bank untuk melayani langsung kebutuhan Nasabah di sentra-sentra komunitas Nasabah. 

Para Mitra Tepat ini didukung oleh aplikasi yang mudah digunakan untuk melakukan pelayanan setor dan tarik tunai, membuka rekening hingga melayani transaksi Nasabah lainnya, seperti membeli pulsa dan membayar tagihan, termasuk layanan e-commerce untuk barang-barang kebutuhan sehari-hari. 

Dengan demikian, bagi Nasabah yang telah bertumbuh, bank tidak hanya memberikan akses keuangan dan ilmu pengetahuan, namun juga akses terhadap kebutuhan persediaan barang.